Ooow Kamu Ketahuan, Pria Selundupkan CPU Dilakban ke Tubuh

Ooow Kamu Ketahuan, Pria Selundupkan CPU Dilakban ke Tubuh

Josina - detikInet
Jumat, 16 Jul 2021 19:24 WIB
penyelundupan CPU
Foto: Dok. Hong Kong Customs & Excise
Jakarta -

Banyak orang melakukan segala cara untuk menyelundupkan barang-barang ilegal karena berbagai faktor. Mereka menghindari pajak impor yang terlalu tinggi atau barang ilegal untuk dijual diam-diam.

Tak heran untuk menyembunyikan dari pihak berwajib, para penyelundup pun seolah memiliki banyak ide yang kadang caranya cukup unik dan kreatif.

Seperti yang dilakukan oleh seorang penyelundup di Hong Kong meski aksinya gagal. Pria yang berprofesi sebagai sopir truk mencoba menyelundupkan chip CPU dengan melakbannya ke seluruh tubuhnya. Jumlahnya pun mencapai 256 unit.

Menurut pihak berwajib, CPU yang ia coba selundupkan adalah Intel i7-10700 dan i9-10900Ks. Tampaknya penyelundupan chip sering dilakukan antara China Daratan dan Hong Kong sebagaimana dilansir detikINET dari Ubergizmo, Jumat (16/7/2021).

Hal ini sebagian disebabkan oleh kelangkaan chip saat ini, di mana setiap orang menginginkan chip tetapi tidak semua orang dapat membelinya. Penyelundupan dalam unit akan memungkinkan mereka untuk dijual kembali dengan harga yang dinaikkan dan mendapatkan keuntungan besar.

Bahkan menurut laporan dari South China Morning karena kelangkaan chip ini juga memicu tindak kejahatan. Seorang pria diserang dan chip senilai USD 644 ribu atau sekitar Rp 9,3 jutaan dirampok si penjahat.



Simak Video "3 Saksi Diperiksa di Sidang Kasus Penyelundupan Anjing untuk Konsumsi"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)