Geber Transformasi Digital, Ini 5 Program Prioritas Kominfo

Geber Transformasi Digital, Ini 5 Program Prioritas Kominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 25 Sep 2020 13:01 WIB
Kominfo
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggeber percepatan transformasi digital nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kominfo telah memetakan lima program prioritas.

Kominfo sendiri telah mengajukan alokasi anggaran sebesar Rp 16,1 triliun untuk tahun 2021. Pagu alokasi anggaran tersebut telah disetujui Komisi I DPR RI.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memaparkan ada lima program prioritas beserta jumlah anggarannya, antara lain:

1. Program penyediaan infrastruktur dan teknologi informasi dengan total kebutuhan sebesar Rp 11,1 triliun.
2. Program pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan total kebutuhan sebesar Rp 3,6 triliun.
3. Program pengelolaan spektrum frekuensi, standar perangkat dan layanan publik dengan total kebutuhan sebesar Rp 530,9 miliar
4. Program komunikasi publik dengan total kebutuhan sebesar Rp 260,6 miliar.
5. Program dukungan manajemen dengan total kebutuhan sebesar Rp 1,3 triliun.

Adapun, Menkominfo menyebutkan bahwa total anggaran Kominfo 2021 Rp 16,9 triliun tersebut sudah sudah termasuk alokasi untuk Kuasi Publik Komisi Informasi Pusat Rp 34,38 miliar, Komisi Penyiaran Indonesia Rp 59,17 miliar dan Dewan Pers Rp 35,61 miliar.

Johnny mengatakan Kominfo akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) meski dihajar pandemi COVID-19.

"Untuk akses internet, sampai dengan minggu pertama September, telah dibangun 7.510 lokasi. Penyediaan kapasitas satelit saat ini adalah sebesar 21 Gbps," jelasnya.

Berkaitan dengan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) yang telah dipersiapkan sejak tahun 2015, Menkominfo mengatakan telah dilakukan Pre-Feasibility Study dan Feasibility Study untuk unit PDN di wilayah Jabodetabek.



Simak Video "Kominfo Bersih-bersih Ratusan Hoax UU Cipta Kerja di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)
Debat Capres AS