Apple Hapus Puluhan Ribu Game Tak Berlisensi di China

Apple Hapus Puluhan Ribu Game Tak Berlisensi di China

Josina - detikInet
Senin, 03 Agu 2020 13:55 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Apple Hapus Puluhan Ribu Game Tak Berlisensi di China. (Foto: Jason Lee/Reuters)
Jakarta -

Menurut data Qimai Research Institute, Apple dilaporkan telah menghapus lebih dari 30 ribu aplikasi di App Store di China yang 90 persennya adalah dari aplikasi game.

Tindakan keras Apple ini sudah dilakukan mulai pada bulan Juni 2020 dan memuncak pada bulan Juli, Apple ingin mengakhiri praktek ilegal di mana banyak pengembang game di iPhone tetap merilis game padahal status dari game tersebut masih menunggu proses resmi dari pemerintahan China.

Pemerintah China sendiri memiliki aturan ketat terkait game berbayar ataupun yang ditawarkan fitur dalam aplikasi (in-app purchase) yang harus ditinjau dan mendapatkan lisensi sebelum dirilis.

Nah, celah ini terdapat di iPhone sedangkan untuk perangkat Android di China sudah mematuhi peraturan ini tanpa terkecuali. Setelah Apple bersih-bersih, ada sekitar 179 ribu game yang tersisa di App Store di China, yang 160 ribunya adalah aplikasi game gratis.

Dilansir detiKINET dari Bloomberg, Apple sebelumnya telah beri peringatan kepada para pengembang dan penerbit bahwa game di iOS harus memiliki nomor lisensi dari pemerintah agar dapat terus beroperasi di China dan perusahaan juga secara eksplisit mengatakan setiap game yang tidak berlisensi akan dilarang dan dihapus setelah tanggal 31 Juli 2020.

Aturan pemerintah China ini juga sebagai faktor kekhawatiran tentang menjamurnya kecanduan di antara anak di bawah umur dan penyebaran konten ofensif. Regulator sekarang pun mengadopsi proses peninjauan yang lebih ketat dan lebih lambat daripada sebelum mereka menghentikan sementara semua persetujuan pada tahun 2018.

Game yang diimpor berada di bawah pengawasan ketat, dan celah App Store dari Apple melayani sebagai upaya terakhir untuk mendistribusikannya di arena game seluler terbesar di dunia.



Simak Video "Tampilan Baru Apple Watch 6 dan SE Bergaya Solo Loop"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)