TikTok Dilarang, Para Bintangnya Kebingungan

TikTok Dilarang, Para Bintangnya Kebingungan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 02 Jul 2020 06:34 WIB
LOS ANGELES, CA - AUGUST 01: A general view of the atmosphere during the TikTok US launch celebration at NeueHouse Hollywood on August 1, 2018 in Los Angeles, California. (Photo by Joe Scarnici/Getty Images)
TikTok. Foto: Joe Scarnici/Getty Images
New Delhi -

TikTok dilarang di India. Tentu penggemarnya kelabakan dan selain itu, juga para bintangnya. Banyak dari mereka yang kaget karena pengumuman TikTok dilarang sangat mendadak.

India merupakan pasar mancanegara TikTok terbesar dengan estimasi 120 juta user aktif. Tak sedikit pula orang mencari nafkah di TikTok. Salah satunya Geet, yang membuat konten pembelajaran bahasa Inggris dan punya lebih dari 10 juta follower.

"Saya benar-benar kaget ketika kabar ini datang. Maksud saya, ini adalah kehidupan saya sekarang. Ini pekerjaan full time saya," katanya, dikutip detikINET dari BBC.

Pengikutnya pun merasa kecewa. "Bagaimana lagi saya bisa belajar bahasa Inggris? Siapa yang sekarang akan memotivasi saya?" tulis salah satu follower.

Sejak diluncurkan di India, TikTok menjadi platform hiburan segala usia dan kalangan di India, dari polisi sampai ibu rumah tangga. Banyak warga biasa India jadi bintang media sosial karenanya.

Geet mengatakan tak sedikit temannya seperti dirinya, bekerja membuat konten di TikTok. "Banyak teman saya bergantung pada aplikasi itu sebagai sumber penghasilan," cetusnya.

Aplikasi TikTok kini sudah dihapus dari toko aplikasi Play Store maupun App Store, menandakan India serius melarangnya. Geet tak patah harapan dan berharap situasi bisa membaik di mana ketegangan antara India dan China bisa terselesaikan.

"Jangan cemas. Saya pikir masalah ini bisa diselesaikan dan kita bisa bertemu lagi. Jangan kehilangan harapan," pesannya pada para follower di TikTok.



Simak Video "TikTok Dilarang di India"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)