Kaleidoskop Kominfo 2019: Blokir Internet, Kimi Hime, Tol Langit, dan IndoXXI Tutup - Halaman 3

Kaleidoskop Kominfo 2019: Blokir Internet, Kimi Hime, Tol Langit, dan IndoXXI Tutup

tim - detikInet
Selasa, 31 Des 2019 21:00 WIB
Foto: Agus Tri Haryanto/inet

2. Uji 5G

Indonesia juga kena 'demam' 5G meski masih dalam tahap uji coba. Mayoritas operator seluler telah melakukan serangkaian pengujian jaringan seluler generasi kelima tersebut, di antaranya dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri).

Operator seluler tersebut mendapatkan lampu hijau dari Kominfo dan memanfaatkan pita frekuensi 28 GHz untuk menguji 5G sesuai yang ingin ditampilkan masing-masing.

Misalnya, Telkomsel menguji 5G dengan memamerkan kendaraan tanpa sopir alias mobil otonom dan lokasi teknologi lainnya yang bisa dijajal pakai 5G dalam memeriahkan Asian Games 2018. XL mengetes 5G di Kota Tua Jakarta untuk mendukung pemerintah mewujudkan smart city.

Kemudian, ada Indosat Ooredoo yang juga menggelar uji coba 5G melalui pengalaman 3D Augmented Reality (AR). Hutchison 3 Indonesia (Tri) mengetes jaringan tersebut di Surabaya yang tembus sampai 1,2 Gbps. Dan terakhir, Smartfren menerapkan uji coba 5G di pabrik milik Sinar Mas, bagaimana internet ngebut itu bisa mendukung kebutuhan industri.

Meski operator seluler sudah menguji 5G, di saat bersamaan sejumlah produsen telah merilis ponsel 5G-nya, Kominfo masih belum menetapkan frekuensi mana yang akan dipakai untuk menggelar 5G.