Apple dan Samsung Kena Gugat Gara-gara Radiasi - Halaman 2

Apple dan Samsung Kena Gugat Gara-gara Radiasi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 09 Des 2019 22:36 WIB
Foto: Issei Kato/Reuters

Dalam keterangan pers yang dirilis FeganScott, pada jarak 2mm, baik iPhone 8 dan Galaxy S8 memancarkan radiasi RF yang dua kali lipat lebih besar dibanding batas legalnya. Pada jarak 0mm, radiasi yang dipancarkan iPhone 8 bahkan mencapai 5 kali lipat lebih besar dari batasan, dan Galaxy S8 3 kali lipat lebih besar.

Lab yang sama juga menguji sejumlah ponsel lain dari Apple dan Samsung, yaitu iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone XR, Galaxy S8, Galaxy S9, dan Galaxy S10, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (9/12/2019).

Sebelumnya, Chicago Tribune juga mempublikasikan sebuah investigasi yang menunjukkan hasil serupa. Dalam investigasi tersebut, mereka menyebut 4 unit iPhone 7 yang diuji melewati batasan pancaran radiasi, dan iPhone bukan satu-satunya ponsel yang diuji dalam investigasi tersebut.


Hasil tes Galaxy S8 pun terbilang menakutkan. Batasan paparan radiasi yang diizinkan oleh FCC adalah 1,6 watt/kg, sementara Galaxy S9 -- pada jarak 2mm -- memancarkan radiasi mencapai 8,22 watt/kg.

Pada jarak 2mm, hampir semua dari 11 ponsel yang diuji melewati batasan legal radiasi. Namun -- menurut Chicago Tribune -- para pabrikan bisa mengakali batasan tersebut karena adanya celah pada aturan yang dipakai.

Celah tersebut ada karena aturan tersebut dibuat pada tahun 1990-an, di mana kebanyakan orang menyimpan ponselnya pada sabuk dengan jarak 25 mm dari kulit, dan jarak itulah yang dipakai menjadi standar pengujian. (asj/fay)