Rabu, 14 Agu 2019 22:00 WIB

Ada Wacana KPI Awasi Netflix & YouTube, Ini Kata Menkominfo

Usman Hadi - detikInet
Menkominfo Rudiantara di UGM. Foto: Usman Hadi/detikINET Menkominfo Rudiantara di UGM. Foto: Usman Hadi/detikINET
Sleman - Di internal Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) muncul wacana untuk mengawasi Netflix hingga YouTube. Bagaimana tanggapan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, terkait hal tersebut?

Rudiantara mengatakan, hingga kini belum ada pembicaraan mengenai wacana tersebut di Kementerian yang dipimpinnya.




"Belum, kita belum bicarakan (rencana pengawasan Netflix dan YouTube)," kata Rudiantara kepada wartawan di Universitas Gadjah Mada (UGM), Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (14/8/2019).

Rudiantara mengingatkan sebuah kebijakan harus disertai dengan landasan hukum, termasuk soal wacana pengawasan Netflix dan YouTube. Oleh karenanya, jika wacana tersebut ingin diterapkan maka harus disiapkan pijakan hukumnya.

"Landasan hukumnya harus jelas. Kalau sekarang KPI itukan mengacu kepada undang-undang penyiaran. Sedangkan Netflix itu lain lagi. Nah kalau sensor film di kita ada namanya lembaga sensor film," ungkapnya.




"Sekarang Netflix itu kalau mau disensor berarti ada ratusan ribu film yang disensor. Siapa yang mau nyensor kalau sensor itu terjadi barangkali setelah penayangan. Tapi landasan hukumnya harus kita siapkan dahulu," tutupnya.




Simak Video "Eksklusif! Ketua KPI Pusat Jelaskan Soal Pengawasan Netflix dan YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed