Kamis, 06 Des 2018 19:23 WIB

Bosnya Ditangkap di Kanada, Ini Kata Huawei

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Alexander Koerner/Getty Images Foto: Alexander Koerner/Getty Images
Jakarta - Huawei angkat bicara setelah Meng Wanzhou -- Chief Financial Officer Huawei -- ditangkap di Kanada.

Wanzhou, juga dikenal dengan nama Sabrina Meng dan Cathy Meng, ditangkap di Vancouver, Kanada pada 1 Desember. Wanzhou, yang terancan diekstradisi ke AS, selain menjabat CFO juga merupakan deputy chairwoman di dewan direksi Huawei.

Menurut juru bicara Huawei, Wanzhou ditangkap oleh pihak berwajib Kanada saat ia sedang transit di Kanada. Menurunya, Wanzhou akan menghadapi gugatan di pengadilan Eastern District of New York.

"Perusahaan hanya mempunyai informasi yang sangat sedikit mengenai gugatan tersebut dan tak mengetahui apakah ada kesalahan yang dilakukan oleh Nona Meng (Wanzhou)," ujar juru bicara Huawei.


Perusahaan percaya kalau sistem hukum AS dan Kanada nantinya akan mendapat keputusan. Huawei akan mengkuti semua hukum dan aturan yang berlaku di mana mereka beroperasi, termasuk kontrol ekspor dan sanksi hukum serta regulasi PBB, AS, dan EU," tambahnya.

Pihak pemerintah China sudah mengungkapkan pernyataannya mengenai penangkapan anak dari pendiri Huawei Ren Zhengfei ini, demikian dikutip detikINET dari CNN, Kamis (6/12/2018).

"(Pemerintah AS dan Kanada) harus segera memperbaiki kesalahannya dan membebaskan Nona Meng Wanzhou. Kami akan terus mengikuti perkembangan masalah ini dan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi hak dan kepentingan warga China," tulis juru bicara kedutaan besar China di Kanada.


Tonton juga ' Petinggi Huawei Diamankan Pihak Berwajib Kanada ':

[Gambas:Video 20detik]

Bosnya Ditangkap di Kanada, Ini Kata Huawei
(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed