Sabtu, 06 Jan 2018 15:15 WIB

Di Jerman, Medsos Biarkan Kebencian Didenda Rp 805 Miliar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta - Pemerintah Jerman telah menerapkan aturan tegas bagi penyelenggara media sosial yang tidak gerak cepat mengatasi hate speech (ujaran kebencian-red). Denda sebesar USD 60 juta atau Rp 805 miliar menanti media sosial bila melanggarnya.

Denda tersebut berlaku bagi media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga YouTube jika tidak menurukan postingan berbau hate speech di platform-nya dalam 24 jam terhitung setelah menerima keluhan. Dan, kebijakan Jerman ini resmi bergulir sejak 1 Januari 2018.

Dikutip detikINET dari Cnet, Sabtu (6/1/2018), Undang-Undang hate speech itu sejatinya telah disahkan pada Juni tahun lalu. Kemudian diberlakukan pada Oktober, tetapi Pemerintah Jerman memberikan masa tenggang dan baru efektif mulai 1 Januari 2018.

Undang-Undang yang dikenal dengan sebutan Netzwerkdurchsetzungsgesetz (NetzDG) ini menjadi upaya ketegasan Jerman dalam memerangi maraknya ujaran kebencian yang beredar di jejaring sosial.

NetzDG mewajibkan setiap penyelenggara media sosial di Jerman segera menerapkan sistem menghapus konten ujaran kebencian, hoax, ancaman kekerasan, dan konten negatif lain. Pemerintah Jerman memberi waktu Facebook dkk membersihkan konten negatif dengan batas 24 jam dan 7 hari untuk kasus kompleks.

Selain meminta perusahaan media sosial untuk bertindak cepat, NetzDG juga mendorong mereka agar menerapkan struktur keluhan yang komprehensif sehingga dapat segera dilaporkan ke stafnya.

Dampak dari aturan NetzDG, dilansir BBC, Twitter baru saja memperbarui panduan dalam menangani hate speech. Begitu juga yang dilakukan Facebook, di mana merekrut staf tambahan di Jerman untuk menangani laporan konten yang melanggar NetzDG.

Sejauh ini, Jerman merupakan negara paling tegas kepada perusahaan media sosial agar mengatasi persoalan ujaran kebencian yang marak berkembang. Beberapa waktu ke belakang, media sosial memang jadi sorotan karena menjamurnya hate speech sampai hoax di platform mereka masing-masing (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • photo 10 Ponsel Unik Android

    10 Ponsel Unik Android

    Senin, 24 Sep 2018 12:45 WIB
    Di tengah momen ultah ke-10 Android sebagai sistem operasi komersial, berikut 10 ponsel unik yang tercatat menggunakan OS itu, seperti dirangkum Android Police.
  • Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Kisah Bapak Android Dimaki-maki Steve Jobs

    Senin, 24 Sep 2018 12:41 WIB
    Kecaman Jobs pada Android dan pendirinya diulas dalam buku Fred Vogelstein berjudul 'Dogfight: How Apple And Google Went To War And Started a Revolution'.
  • Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Ponsel Pertama Android Cuma Punya RAM 192 MB

    Senin, 24 Sep 2018 12:00 WIB
    Ponsel pertama Android adalah HTC G1 atau sering disebut HTC Dream. Ia diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 2008 dan dijual menjelang akhir tahun itu.
  • Selamat Ulang Tahun Android!! 20Detik

    Selamat Ulang Tahun Android!!

    Senin, 24 Sep 2018 11:47 WIB
    Sistem operasi Android memasuki usia ke-10 tahun pada 23 September. Wah, selamat ulang tahun ya sistem operasi besutan Google!
  • Android dari Masa ke Masa

    Android dari Masa ke Masa

    Senin, 24 Sep 2018 11:25 WIB
    Android kini berusia 10 tahun, sejak versi komersial pertamanya diluncurkan pada September 2008. Yuk simak perjalanan berbagai versi Android dari masa ke masa.