'Teknologi Antena iPhone 4S Langgar Paten Samsung'

'Teknologi Antena iPhone 4S Langgar Paten Samsung'

- detikInet
Rabu, 12 Okt 2011 16:10 WIB
Jakarta - Teknologi antena di iPhone 4S, smartphone terbaru Apple, dinilai melanggar paten milik Samsung. Hal ini bisa menjadi senjata Samsung dalam pertarungan hukumnya melawan Apple.

iPhone 4S memiliki desain dual antena untuk memudahkan penerimaan dan pengiriman sinyal. Seorang profesor di Denmark menyatakan desain tersebut kemungkinan melanggar paten yang dia kembangkan, yang dulu telah ia jual ke Samsung.

Professor Gert Frølund Pedersen dari Aalborg University mengklaim dia yang sejatinya mengembangkan solusi dua antena tersebut. Dia mempertunjukkan diagram sirkuit antena yang dianggapnya melanggar paten karena sekarang dimiliki Samsung.

Ketika peluncuran iPhone 4S, Apple mengklaim iPhone 4S adalah ponsel pertama yang secara cerdas dapat mengganti penerimaan dan pengiriman sinyal di antara dua antena. Namun, dikutip detikINET dari Mobiledia, Rabu (12/10/2011), Pedersen membantah klaim tersebut.

"Ketika Apple menyatakannya sebagai hal yang baru, itu tidak benar. Teknologi ini telah dipakai sejak lama," kata Pedersen, sembari menambahkan sangat sulit bagi Apple untuk mengembangkan teknologi tersebut tanpa melanggar paten pihak lain.

Belum ada tanggapan dari Samsung mengenai klaim sang profesor, namun bisa jadi mereka bakal mempersoalkan teknologi antena itu. Samsung saat ini sedang berupaya memblokir penjualan iPhone 4S di Prancis dan Italia terkait pelanggaran paten teknologi WCDMA.


(fyk/wsh)