Bukan TraceTogether, Ini Nama Aplikasi Pelacak Virus Corona di RI

Bukan TraceTogether, Ini Nama Aplikasi Pelacak Virus Corona di RI

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 27 Mar 2020 12:30 WIB
Ilustrasi Kominfo, Ilustrasi Gedung Kominfo, Gedung Kominfo
Ini Nama Aplikasi Pelacak Virus Corona di RI (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluruskan aplikasi untuk melacak penyebaran virus corona COVID-19 itu bukan TraceTogether, melainkan PeduliLindungi.

Sebelumnya, Menkominfo Johnny G. Plate dalam sesi konferensi pers secara online kemarin (26/3) menyebutkan aplikasi untuk survailans tersebut adalah TraceTogether. Sementara di sisi lain, Singapura sudah ada aplikasi untuk penanganan COVID-19 yang namanya TraceTogether juga.

"PeduliLindungi (nama aplikasinya)," ujar Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo Ahmad M Ramli saat dihubungi detikINET, Jumat (27/3/2020).

"Di situ mention sejenis TraceTogether. Ini nama umumnya meng-trace, seperti kita menyebutkan printer, infocus, dan lainnya. Ini aplikasi bekerja seperti trace," tuturnya.

Ramli pun mengimbau agar masyarakat jangan menginstal TraceTogether karena itu akan mengarah kepada aplikasi buatan Singapura, bukan yang dirancang oleh Indonesia.

Adapun aplikasi PeduliLindungi yang dimaksud Ramli itu sedang dikembangkan, di mana pembuatannya bekerjasama dengan salah satu perusahaan besar untuk membantu menangkal penyebaran virus corona di Indonesia.

"Kita develop (kembangkan) terus. Kita harapkan bisa tes tracing Senin depan. Masyarakat agar tidak instal TraceTogether, PeduliLindungi yang dipakai ini sejenis (dengan TraceTogether). Apalikasi ini buatan anak negeri," ungkapnya.

"Mohon masyarakat bisa menunggu. Aplikasi ini bukan kita beli dari Singapura, ini dikembangkan sendiri," pungkasnya.



Simak Video "Menkominfo Minta Selebgram Ajak Followers Instal PeduliLindungi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)