BERITA TERBARU
KONSULTASI INTERNET SECURITY
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya
Alfons Tanujaya aktif mendedikasikan waktu untuk memberikan informasi dan edukasi tentang malware dan sekuriti bagi komunitas IT Indonesia.
Jumat, 14 Okt 2016 17:27 WIB

KlinikINET

Menghapus Data Recovery di Android

- detikInet
(ilustrasi/GettyImages) (ilustrasi/GettyImages)
Jakarta - Saya pengguna Android dan ingin menjual ponsel. Sebelum dijual semua data sudah dihapus namun saat dicek kembali ternyata data tersebut masih bisa di recovery. Pertanyaannya apakah yang di-recovery tersebut bisa dihapus supaya tidak ada file tersebut lagi. (Naneng)

Jawaban:

Secara teknis, dengan tools yang tepat seperti Cellebrite, data pada smartphone dan memory card yang sudah dihapus (factory reset) sekalipun masih bisa di-recovery.

Namun belajar dari aksi virus Cryptolocker mengenkripsi data korbannya dan tidak bisa di-recover tanpa kunci yang tepat, ada trik menarik yang bisa mengamankan data smartphone Anda dari aksi recovery data yang biasanya menggunakan tool seperti Cellebrite. Dan hebatnya, trik ini lebih ampuh dari factory reset yang terkadang menyisakan data untuk di-recover.

Triknya adalah melakukan enkripsi pada perangkat Anda guna mengenkripsi data pada smartphone. Proses ini akan memakan waktu cukup lama (beberapa jam) karena semua data akan dienkripsi satu per satu.

Pastikan perangkat Anda jangan sampai kehabisan baterai ketika proses enkripsi sedang berlangsung, sebaiknya perangkat dicolok ke charger untuk memastikan tidak kehilangan daya selama proses enkripsi. Setelah proses enkripsi selesai, lakukan factory reset untuk mengembalikan perangkat ke setting awal.

Jika Anda ingin memilih menggunakan apps (aplikasi Android), ada beberapa apps yang bisa ditemukan di Google Play seperti Secure Deletion for Android, Secure Erase with iShredder 3 dan Secure Wipe. (jsn/ash)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed