Hasil Foto di Layar Galaxy Tab kok Terbalik?

KlinikINET

Hasil Foto di Layar Galaxy Tab <i>kok</i> Terbalik?

- detikInet
Selasa, 28 Apr 2015 15:24 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Saya pengguna Samsung Galaxy Tab 4,7 inch tetapi kerap bermasalah di fitur kamera. Jika sedang akan memotret atau mode video menggunakan lensa utama, gambar yang tampil di layar menjadi terbalik upside down namun untuk hasil foto maupun video ketika dilihat/ditonton hasilnya tetap biasa/tidak terbalik. Kira-kira, di mana permasalahannya? (Andy Anwar Azhar)

Jawaban:

Sebelum kita menduga ke masalah hardware, ada beberapa setting yang bisa kita cek terlebih dahulu. Tablet Samsung biasanya memiliki 2 macam setting screen rotation, dimana dengan setting ini kita bisa mengunci layar tetap dalam posisi potrait (berdiri), atau landscape (tidur), apapun posisi tabletnya, atau dibuat automatic screen rotation, dimana tampilan layar mengikuti posisi tablet.

Silakan lihat di menu Setting, kemudian pilih Display, dan pilih Screen Rotation. Biasanya pada menu screen rotation ini kita aktifkan, supaya ketika kita membaca, browsing, melihat foto, posisi layar ikut sesuai posisi tablet.

Di dalam menu screen rotation tersebut ada lagi sebuah menu yang bernama Smart Rotation. Berbeda dengan Screen Rotation yang menggunakan sensor accelerometer, untuk mengetahui posisi tablet (potrait atau landscape), Smart Rotation mengaktifkan kamera depan untuk melihat posisi mata kita.

Gunanya untuk mereka yang suka membaca sambil tiduran menyamping, posisi tablet yang landscape, akan tetap menampilkan layar dalam posisi potrait sesuai posisi mata.

Cara pertama, coba Smart Rotation ini jangan diaktifkan, kemudian kita coba lagi kameranya. Kalau posisi tampilan kamera masih upside down, coba kita kalibrasi sensor accelerometer-nya. Kita bisa coba menggunakan aplikasi Bubble Level yang bisa diunduh di playstore di link ini http://goo.gl/m1fyWx

Letakkan tablet di bidang yang rata, misal di atas meja dengan layar menghadap ke atas, jalankan aplikasi tersebut. Mirip peralatan tukang bangunan untuk mengetahui lurus tidaknya sebuah bidang, demikian juga gunanya aplikasi ini.

Jika terlihat bola bubble nya tidak berada di tengah dan melenceng jauh, padahal tablet dalam posisi terlentang rata di atas meja, kemungkinan ada yang salah dengan sensor accelerometer-nya. Untuk memperbaikinya klik menu di pojok kanan atas aplikasi Bubble Level, pilih calibrate, yakinkan untuk meletakkannya di atas meja yang rata, dan pilih calibrate untuk mengkalibrasi.

Sesudah dikalibrasi, dicoba lagi apakah ketika memotret, posisi gambar masih upside down. Sebagai tambahan ketika memotret dengan tablet dalam posisi landscape, posisi manakah yang benar, kamera belakang dekat ke tangan kiri atau dekat ke tangan kanan?

Jika kita mengambil gambar dengan menekan tombol shutter di layar, biasanya posisi tombol shutter berada di sebelah kanan (berarti pada tablet, posisi kamera belakang dekat ke tangan kiri), ini adalah posisi mengambil foto yang sudah benar.

Tetapi, kita bisa juga mengaktifkan tombol volume sebagai tombol shutter tanpa harus menyentuh layar. Ketika menggunakan cara ini, ketika tablet di posisi landscape, tombol volume harus berada di bawah, sehingga mudah ditekan oleh jempol tangan kanan. Dalam posisi di tablet Samsung Tab 4, berarti kamera belakang akan berada di dekat tangan sebelah kanan.

Gunanya posisi yang benar ini bukan hanya sekedar memudahkan jari kita menekan tombol shutter, tetapi memastikan foto yang kita ambil, ketika dikirimkan posisinya sesuai posisi layar ketika mengambil, dimana gambar tidak menjadi terbalik, atau seharusnya posisi foto landscape ditampilkan menjadi potrait.

Jika cara di atas tadi masih belum berhasil, bisa mencoba untuk melakukan factory reset, dengan masuk ke menu setting, backup and reset, dan pilih factory data reset.



(Josina/Josina)