KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Selasa, 24 Jun 2014 10:41 WIB

KlinikINET

Upgrade RAM di Smartphone, Apa Bisa?

- detikInet
(ilustrasi/GettyImages) (ilustrasi/GettyImages)
Jakarta -

Bisakah RAM pada smartphone ditingkatkan, misalnya dari 512 MB menjadi 1 GB? Jika bisa, apakah hal tersebut membuatnya menjadi lancar atau malah tambah lemot? (Yong Saefudin)

Jawaban:

Secara teori jika kita memiliki alat dan skill, mengganti RAM pada smartphone mungkin saja. Tetapi hampir dipastikan tidak bisa dilakukan oleh orang awam. Berbeda dengan PC atau notebook yang kebanyakan dudukan memory RAM bentuknya berupa slot yang bisa dicabut pasangkan kepingan RAM, chip RAM pada smartphone tersolder paten di atas motherboard.

Belum lagi jika kita memiliki kemampuan, chip RAM ini pun tipenya bermacam-macam dan belum tentu sama satu dengan lainnya, dan untuk membeli kepingan RAM smartphone pun biasanya tidak ada di pasaran bebas.

Jika berhasil pun kita memasangkan RAM yang kapasitasnya lebih besar, belum tentu bisa langsung terbaca oleh Operating System, kemungkinan diperlukan modifikasi OS atau kernelnya. Jadi daripada bersusah payah mengganti RAM, lebih baik membeli smartphone lain yang RAM-nya sudah lebih besar.

Kalau RAM dinaikkan kapasitasnya, seharusnya kinerja smartphone menjadi lebih lancar, karena RAM ini simple-nya adalah tempat berjalannya aplikasi. Lebih besar RAM lebih banyak aplikasi bisa lancar berjalan multitasking.

(jsn/ash)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed