Sering Motret Bisa Turunkan Kualitas Jepretan Kamera?

KlinikINET

Sering Motret Bisa Turunkan Kualitas Jepretan Kamera?

Konsultan: Enche Tjin - detikInet
Rabu, 16 Nov 2016 15:20 WIB
Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Benarkah kamera bisa mengalami penurunan kualitas gambar seiring seringnya menjepret foto hingga ratusan bahkan ribuan foto?

Jawaban:

Biasanya hal ini sering dikuatirkan, tapi menurut saya tidak perlu terlalu dipikirkan. Asal kamera disimpan di tempat yang bersih dan tidak lembab, kamera dan lensa meski yang golongan pemula pun masih bagus untuk memotret sampai puluhan ribu kali tanpa ada penurunan kualitas atau rusak. Memang ada kasus dimana kamera rusak hanya beberapa kali pakai, tapi itu jarang dan biasanya juga ada garansi minimal satu tahun.

Makanya itu jangan karena takut atau sayang kameranya rusak maka membatasi diri untuk menikmati hobi fotografi. Jika tidak digunakan dalam jangka waktu lama, kamera juga bisa rusak sendiri karena komponen elektronik memiliki usia dan akan rusak dengan sendirinya. Jika komponen tersebut masih ada spare part-nya bisa diperbaiki. Tapi jika kamera digital itu sudah berusia lebih dari 10 tahun, maka kemungkinan besar sudah tidak bisa diperbaiki karena spare part-nya sudah tidak diproduksi lagi. (jsn/yud)