Apa Arti Elements & Groups di Lensa Canon?

KlinikINET

Apa Arti Elements & Groups di Lensa Canon?

- detikInet
Senin, 18 Mei 2015 10:46 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Sebenarnya, apa sih arti Elements & Groups pada lensa Canon? Saya lihat di spesifikasi lensa Canon, dengan contoh pada lensa Canon EF 17-40mm f/4L USM, di situ ada penjelasan "Lens Construction : 12 elements in 9 groups". Mohon penjelasannya (Muhammad Ardhian Pramesta)

Jawaban:

Elemen lensa adalah kepingan glass yang menyusun lensa. Sedangkan group adalah satu atau lebih elemen yang direkatkan bersama (kelompok elemen lensa).

Jumlah elemen dan grup yang banyak menandakan konstruksi lensa tersebut cukup rumit. Biasanya lensa tersebut ukurannya besar, lebih mahal.

Jumlah elemen dan grup yang cukup banyak biasanya digunakan perancang lensa untuk mengkoreksi kelemahan lensa, sehingga biasanya kalau banyak elemennya, lensa tersebut kualitasnya bagus.

Tapi bisa juga karena sifat lensa tersebut. Lensa normal fix (tidak bisa zoom) elemen lensanya biasanya sedikit karena rancangannya sederhana. Tapi kalau lensa wide atau zoom, biasanya elemennya banyak supaya hasil fotonya maksimal.

Selain itu jenis elemen yang digunakan juga menentukan kualitas. Tidak setiap elemen lensa itu sama. Misalnya ada elemen dari bahan fluorite atau ED (extra dispersion). Lensa dengan elemen seperti itu biasanya kualitasnya tinggi dalam arti lebih kontras dan tajam. Elemen Aspherical biasanya digunakan untuk mengurangi distorsi.



Contoh: Lensa Canon 50mm f/1.8 rancangannya sangat sederhana, yaitu enam elemen dalam lima kelompok.



Sedangkan lensa Olympus 8mm fisheye PRO, rancangannya jauh lebih rumit yaitu 14 elemen di dalam 11 kelompok, yang mana termasuk dua elemen aspherical bolak balik, satu elemen aspherical, tiga elemen super ED, 1 elemen ED, dan dua elemen HR yang berguna untuk mengoreksi masalah lensa lebar pada umumnya dan memastikan kualitas gambar yang sempurna dan merata dari tengah sampai ujung foto. Dengan elemen lensa yang banyak dan berkualitas tinggi, maka kualitas dan harga lensa jadi tinggi.



(Josina/Fino Yurio Kristo)