Bermodal Mirrorless Jadi Fotografer Pre Wedding, Apa Cukup?

KlinikINET

Bermodal Mirrorless Jadi Fotografer Pre Wedding, Apa Cukup?

- detikInet
Rabu, 22 Apr 2015 15:14 WIB
camera fuji xt1
Jakarta -

Saya mau tanya sedikit tentang bagaimana menjadi photographer wedding. Sekarang saya mempunyai kamera mirroless Fuji XT1, lensa 56mm dan 23mm. Saya sering iseng, jepret teman-teman saya yang pasangan juga.

Apakah dengan kamera fuji saja, sudah cukup untuk mempromosikan diri menjadi photographer pre wedding? Kalau harus ganti camera SLR, saya tertarik dengan camera canon 70D. Mohon nasihatnya. Terima kasih. (Valerie L.)

Jawaban:

Kamera mirrorless yang sudah dimiliki sekarang yaitu Fuji X-T1, lensa 23mm dan 56mm cukup bagus untuk fotografi pre wedding. Fujifilm juga memiliki banyak lensa-lensa lainnya yang menurut saya cukup lengkap.

Yang agak kurang saat ini adalah sistem flashnya tidak selengkap sistem kamera DSLR dan autofokusnya juga tidak secepat kamera DSLR sehingga sedikit menyulitkan saat ingin merekam momen candid. Dan jangan lupa siapkan setengah lusin baterai untuk sesi foto sehari penuh karena kamera mirrorless pada umumnya memiliki kapasitas baterai yang relatif kecil.

Untuk masalah kesiapan menjadi fotografer wedding profesional, saya pikir bukan hanya masalah kamera atau lensa yang digunakan, tapi lebih kesiapan diri sendiri. Apakah sudah mampu menghasilkan foto yang baik secara konsisten yang bisa dipertanggungjawabkan kepada klien? Jika belum yakin, lebih baik banyak berlatih dan mempelajari fotografer wedding yang lain terlebih dahulu.

Usaha fotografi prewedding tidak hanya membutuhkan keahlian dalam teknik fotografi maupun editing, tapi juga keahlian bisnis seperti marketing dan manajemen yang bagus supaya bisa sukses ke depannya.

(jsn/ash)