Apa Pengaruh Update Firmware Terhadap Hasil Foto?

KlinikINET

Apa Pengaruh Update Firmware Terhadap Hasil Foto?

- detikInet
Kamis, 09 Apr 2015 11:27 WIB
(ilustrasi/gettyimages)
Jakarta -

Mau nanya soal update firmware, apakah berpengaruh dengan hasil foto? (Resti)

Jawaban:

Firmware adalah sejenis software yang disimpan di dalam memori kamera/alat elektronik lainnya. Fungsi utama firmware biasanya adalah untuk mengoreksi bug (kesalahan dalam software kamera yang menghasilkan hasil yang tidak sesuai harapan). Misalnya ada fungsi kamera yang tidak bekerja dengan baik.

Menurut pengalaman saya, update firmware biasanya tidak berpengaruh langsung dengan kualitas foto, tapi kadang, firmware terbaru berfungsi supaya kamera bisa mengenal lensa baru dan mengaplikasikan koreksi kelemahan lensa, sehingga hasil foto bisa lebih bagus.

Ada juga pembaharuan firmware yang berperan dalam meningkatkan kinerja kamera, misalnya kecepatan buka tutup kamera bisa menjadi lebih cepat, kecepatan autofokus lebih cepat, dan penambahan fungsi baru.

Karena banyak keuntungan yang ditawarkan firmware, maka penting bagi kita untuk memeriksa apakah ada update firmware terbaru untuk kamera masing-masing. Tempat untuk mendapatkan update firmware yaitu di situs resmi produsen kamera di bagian support/download.

(jsn/ash)