Soal Investasi Lighting bagi Fotografer Event

KlinikINET

Soal Investasi Lighting bagi Fotografer Event

- detikInet
Selasa, 25 Nov 2014 13:58 WIB
(ilustrasi/GettyImages)
Jakarta -

Salam, saya seorang fotografer event pemula yang sedang berniat untuk membuat investasi peralatan khususnya pada bagian lighting. Saat ini saya menggunakan Nikon Speedlite SB-910 dengan Battery AA Alkaline sekali pakai. Kebetulan peralatan ini masih kurang mumpuni khususnya dalam menghadapi event-event dimana saya membutuhkan recycle time flash cepat utk menangkap momen.

Pertanyaannya, apakah saya lebih baik investasi lebih lanjut di jalur strobis dengan menambah eksternal Battery Pack seperti Nikon SD-9 beserta Rechargeble Battery Nimh seperti Sanyo Enelopee XX beserta charger yg bs conditioning? Atau mencoba jalur hybrid baru menggunakan LED lighting beserta aksesoris pendukungnya yang akan memberikan efek dan gaya pencahayaan yg berbeda dan mungkin

Jawaban:

Saran saya lebih ke flash SB910 dengan SD-9 dan baterai Nimh yang berkualitas. Namun perlu dipahami bahwa flash jika digunakan di level full power akan cepat panas dan recycling time juga akan lambat.

Meski dibantu dengan SD-9 dan baterai yang Nimh rechargeable, saran saya adalah mengunakan tingkat power yang lebih kecil seperti 1/4 power, dan dibantu dengan menaikkan ISO di sekitar ISO 800, bukaan yang tidak terlalu kecil (f/5.6) sehingga foto di dalam ruangan tetap terang dan recycling flash cepat, dan tidak cepat panas.

Saya tidak berpengalaman mengunakan lampu LED atau lampu continuous / halogen, tapi saya pikir kedua lampu continuous itu jauh lebih gelap daripada tenaga flash dan juga potensial membuat objek yang difoto panas dan repot untuk mengarahkannya, maka itu saya tidak menyarankannya.

Jadi saya lebih merekomendasikan SD-9 dengan baterai Nimh daripada lampu LED/halogen.

(jsn/ash)