Menimbang Kelebihan & Kekurangan Teleconverter

KlinikINET

Menimbang Kelebihan & Kekurangan Teleconverter

- detikInet
Senin, 10 Nov 2014 14:53 WIB
(ilustrasi)
Jakarta -

Pemakaian teleconveter untuk lensa ada kelebihan kekurangannya gak ya? Lebih baik pilih yang 1.4x atau yang 2x sekalian, ya? Terimakasih sebelumnya - (Yusup)

Jawaban:

Lensa teleconverter biasanya dipasangkan diantara kamera dan lensa dengan tujuan untuk memperpanjang fokal lensa, sehingga kita bisa memotret subjek yang jauh sekali dengan lebih mudah. Namun kekurangan teleconverter adalah ketajaman foto menurun, dan bukaan maksimum lensa jadi berkurang. Semakin besar perbesarannya, semakin menurun kualitas gambarnya.

Contohnya, jika bukaan lensa maksimumnya adalah f/2.8, maka setelah memasang teleconverter, bisa menjadi f/4 atau f/5.6, tergantung dari jenis teleconverter yang dipasang.

Biasanya, teleconverter tersedia untuk lensa-lensa telefoto, yang populer untuk memotret subjek dari kejauhan misalnya fotografi olahraga dan satwa liar.

Ada dua jenis yang populer, yaitu yang dapat memperpanjang fokal lensa 1.4X dan 2X. Contohnya, jika kita memasang teleconverter 1.4 di lensa 200mm, maka fokal lensanya menjadi 1.4 X 200mm = 280mm. Sedangkan jika kita memasang lensa yang 2X, maka fokal lensanya menjadi 2 x 200mm = 400mm.

Jika kita memotret di kondisi cahaya yang terang, dan objeknya jauh sekali, misalnya burung liar, maka, saya sarankan yang teleconverter 2X. Tapi jika subjeknya gak terlalu jauh, dan ingin mempertahankan ketajaman foto, maka 1.4X lebih baik.



Ket gambar: Contoh teleconveter Sigma 1.4x (kiri) dan 2x (kanan)

(jsn/rou)