Rahasia di Balik Upload File Raksasa

Klinik Cyberlife

Rahasia di Balik Upload File Raksasa

- detikInet
Jumat, 04 Nov 2011 17:36 WIB
Jakarta - Sering saya jumpai baik di forum ataupun berbagai website lokal yang isinya merupakan video atau file dengan ukuran yang bisa dikatakan besar, katakanlah 500MB lebih untuk satu filenya.

Yang jadi pertanyaan saya adalah bagaimakah mereka mengunggah file berukuran besar tersebut? dimana kita tau bahwasanya di negeri kita ini bisa dikatakan memiliki koneksi internet lambat terlebih dengan koneksi unggahnya dan yang lebih mengherankan lagi adalah waktu unggah mereka bisa dikatakan cepat jika dilihat dari file awal tersebut ada di internet. Apakah rahasia uploader tersebut?

(Yasa Aulia Natasha, Pria, 22th)

Jawaban :

Mas Yasa, Beberapa internet user di Indonesia memang memiliki anugerah yang luar biasa berupa bandwidth yang berlimpah. Misalnya saja mereka yang mengelola lab komputer di sebuah kampus, para admin warnet, admin ISP, sysadmin kampus ataupun perkantoran ataupun mereka yang memang mampu berlangganan akses internet dengan bandwidth yang besar.

Mereka ini tentunya yang memiliki keleluasaan untuk melakukan upload file dalam jumlah besar, kalau file tersebut berasal dari komputernya. Tinggal pilih waktu malam hari, waktu yang tak banyak orang menggunakan internet, maka bandwidth pun makin lapang. Tetapi bisa juga file yang besar tersebut awalnya sudah ada di internet.

Lalu dengan mudah siapapun tanpa perlu bandwidth besar melakukan semacam "copy-paste" dari server awal lokasi file tersebut ke server tujuan. Kalau ini yang dilakukan, tentu saja besar kecilnya bandwidth upstream/downstream dari server ke komputer tidak ada kaitannya secara langsung.


(jsn/jsn)