Jumat, 19 Ags 2016 15:35 WIB

Review Aplikasi

Duo, Aplikasi Video Call yang Sederhana

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Google Duo (dok. Google Indonesia) Foto: Google Duo (dok. Google Indonesia)
Jakarta - Setelah diperkenalkan di ajang Google I/O 2016, aplikasi Duo sudah dapat dinikmati. Nah, benarkah aplikasi ini menawarkan pengalaman sederhana seperti klaim Google?

detikINET pun coba menjajal aplikasi ini untuk membuktikannya. Awalnya kami coba mengunduh di App Store. Sayangnya Duo belum tersedia di region Indonesia. Akhirnya kami menguduh di region Amerika Serikat.

Selain itu, kami juga mengunduh Duo di Play Store Android. Untungnya, aplikasi ini sudah tersedia di region Indonesia. Jadi tidak perlu pengunduh di toko aplikasi pihak ketiga.

Ukuran file aplikasi Duo tidak begitu besar. Jadi proses pengunduhan relatif singkat.

Setelah proses pengintalan selesai, kita akan disambut dengan layar kebijakan privasi. Tekan 'I Agree' untuk melanjutkan.


Kemudian kita diminta memasukkan nomor telepon yang digunakan. Di beberapa pengguna, Duo langsung menampilkan nomor yang dipakai pengguna.

Usai menekan Next, kita akan masuk ke layar Verification Code. Google akan mengirimkan kode tersebut melalui SMS. Masukan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Setelahnya, aplikasi Duo siap digunakan.


Dan benar, secara user interface aplikasi ini sangat sederhana. Hanya ada tombol video call dan pengaturan yang berada di pojok kanan atas.

Sebelum menjajal melakukan panggilan, kami coba mengakses bagian Settings. Di bagian ini tidak banyak pengaturan yang ditampilkan.

Hanya ada opsi vibrasi, batasan penggunaan data mobile, pemblokiran dan menghapus registrasi nomor. Selain itu ada fitur Knock Knock, bila diaktifkan pengguna dapat melihat penelepon sebelum Anda menjawab panggilan.

Perbandingan saat fitur Knock Knock diaktifkan dan dinonaktifkan.

Untuk memulai panggilan, kita cukup menekan ikon video call. Lalu pilih nomor yang akan dituju, seketika Duo akan mulai melakukan panggilan video.

Ketika tersambung, Duo menampilkan lawan bicara selayar penuh. Sementara penelpon ditampilan dalam bulatan kecil di kiri bawah.

Tidak ada tombol satu pun. Tapi ketika kita menekan layar, akan ada sejumlah tombol yang muncul, seperti pengaturan suara dan kamera.
Soal kualitas panggilan video sendiri, tergantung dengan kecepatan koneksi. Saat menjajal koneksi WiFi, video yang ditampilkan cukup jelas. Kondisi ini sama ketika menggunakan koneksi LTE.

Tapi ketika menggunakan jaringan 3G, kualitas video sedikit menurun. Video sempat tidak tampil, hanya ada suaranya saja.

Secara keseluruhan, apa yang diklaim Google terbukti. Duo cukup sederhana dari sisi tampilan dan penggunaan. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk Anda melakukan panggilan telpon tanpa ribet untuk melakukan registrasi.

Saat koneksi jelek, video tidak tampil. Hanya suara saja yang terdengar.

Baca juga: Google Tawarkan Video Call via Duo (afr/ash)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed