Catat! Hari ini Pembukaan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021

Catat! Hari ini Pembukaan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 21 Sep 2021 13:35 WIB
Pembukaan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 Dimulai Hari Ini
Pembukaan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 Dimulai Hari Ini (Foto: Screenshot Konferensi Pers PB ESI)
Jakarta -

Setelah menyelesaikan babak kualifikasi, pembukaan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 resmi dihelat. Kompetisi digelar mulai dari 21 - 26 September 2021.

"Pembukaannya pukul 17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), 18.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan jam 19.00 Waktu Indonesia Timur (WIT) serta dapat disaksikan di Youtube dan Nimo TV PB ESI Official," kata Ashadi Ang, Kabid Humas PBESI, seperti dikutip detikINET dari konferensi pers, Selasa (21/9/2021).

Menyinggung pertanyaan terkait hadiah dari masing-masing game, Bambang Sunarwibowo, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), mengungkapkan bahwa eksibisi tidak mendapat hadiah uang tunai, hanya akan menerima medali saja. Kecuali bila itu merupakan pertandingan persahabatan.

Ia menyampaikan, bahwa ini terselenggara atas kerja sama semua pihak. Terutama mengacu pada keamanan, di mana Bambang menjelaskan telah berkoordinasi dengan kepolisian, TNI, pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

"Dari aspek keamanan, segi adminstrasi, fasilitas dan proses lainnya. Kita lakukan kerja sama dan mendapat dukungan baik dari Kemenpora, KONI, PB PON, Pemda, PB Pemprov dan banyak stakeholder yang lain," kata Bambang.

Nantinya, tim yang lolos, akan melaksanakan pertandingan secara offline. Untuk kestabilan internet, PB ESI sudah menyiapkan sedemikian rupa dan kerja sama dengan provider serta diharapkan bisa berjalan dengan lancar.

Hanya saja, terkait device, pihak PB ESI menyerahkannya pada masing-masing peserta. Sehingga handphone yang digunakan, disiapkan sendiri oleh para kontestan.

"Karena yang kita tahu, dari mereka sudah ada yang latihan pada awalnya, dari meta hingga hapenya. Lalu untuk koneksi akan kita sediakan, karena sudah bekerja sama dengan provider terkait," ungkap Gloria Famiela, Ketua OC Eksebisi Esports PON XX Papua.

Bambang menambahkan, pada ekosistem esports khususnya secara nasional, mereka akan mendorong dan kembangkan lagi, agar bisa memajukan anak-anak bangsa. Karena di tengah pandemi COVID-19, ternyata esports berkontribusi dan harapannya bisa berkembang lebih pesat lagi dari sebelumnya.

"Semoga esports masuk dalam suatu program, yang nanti ke depannya dalam pendidikan bisa terima oleh masyarakat. Ini adalah masa depan, sebagai bentuk pekerjaan lain yang bisa menghasilkan dan mendorong perekonomian negara," tutupnya.



Simak Video "Mau Nonton Langsung PON XX Papua? Simak Syaratnya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)