Esports Siap Tampil Perdana di PON XX Papua 2021

Esports Siap Tampil Perdana di PON XX Papua 2021

Panji Saputro - detikInet
Senin, 23 Agu 2021 14:39 WIB
Esports Menjadi Cabang Olahraga yang Dipertandingkan di PON XX Papua 2021
Esports Menjadi Cabang Olahraga yang Dipertandingkan di PON XX Papua 2021 (Foto: PB ESI)
Jakarta -

Esports, ditetapkan sebagai salah satu cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) resmi membuka pendaftarannya (18/8).

"Peyelenggaraan eksibisi pertama ini, dilakukan secara swadaya. Masing-masing game publisher dari gim yang dimainkan, yaitu Free Fire, eFootball PES dan Mobile Legends, akan bertanggung jawab mendanai produknya masing-masing," kata Frengky Ong, Sekretaris Jenderal PBESI.

Untuk pendaftarannya, seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses melalui satu platform, yakni garudaku.com. Sebagai hasil cipta karya anak bangsa, wadah ini dimaksudkan dapat menjadi pusat informasi penyelenggaraan Eksibisi Esports PON XX.

Di sana, para pemain dapat melihat jadwal pertandingan, hasil kualifikasi, grup dan informasi terbaru lainnya. Selain itu, Garudaku juga berguna sebagai database seluruh stakeholders esports di Indonesia.

Sementara itu, acara yang bertajuk Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, akan diselenggarakan pada tanggal 22 - 26 September mendatang. Pertandingan berlokasi di Stadium Hoki Indoor Doyo Baru, Jayapura.

Akan tetapi, sebelum mencapai acara puncaknya, para pemain harus berlaga di babak kualifikasi pada 26 Agustus - 5 September. Kemudian melanjutkan tahapan kedua, yakni Pra-PON pada 7 - 14 September 2021.

"Nantinya pertandingan ini dibagi menjadi tiga fase. Pertama, dimulai dengan babak kualifikasi, di mana mencakup 34 Provinsi, 514 kota/kabupaten," kata Gloria Famiela, Ketua Pelaksana Eksibisi Esports PON XX Papua 2021.

Pada babak kualifikasi, akan dilakukan tiga cabang game terlebih dahulu, di antaranya Free Fire, eFootball PES 2021 dan Mobile Legends.

Kabar baiknya, game buatan Indonesia, Lokapala, resmi bergabung di pertandingan eksibisi ini. Setelah sebelumnya, masih dalam pembahasan teknis dengan developer.

Kendati begitu, belum ada informasi lebih lanjut terkait tanggal pendaftarannya. Karena hingga saat ini, Lokapala sendiri belum tampil di platform Garudaku.



Simak Video "Menkominfo Pastikan Layanan Telekomunikasi di PON XX Papua Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)