3 Game yang Akan Dipertandingkan di PON XX Papua 2021

3 Game yang Akan Dipertandingkan di PON XX Papua 2021

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 20 Agu 2021 21:42 WIB
4 Game yang Akan Dipertandingkan di PON Papua 2021
3 Game yang Akan Dipertandingkan di PON XX Papua 2021 (Foto: Channel Youtube PB ESI)
Jakarta -

Esports menjadi cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Setidaknya ada empat game yang siap digelar di pertandingan ekshibisi ini.

Para atlet akan berlaga di game bergenre Battle Royale, Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) dan Sepakbola. Esports sendiri menjadi salah satu cabang, dari total 10 cabang yang akan dihelat.

"Total ada empat game yang akan dipertandingkan, di antaranya Free Fire, eFootball PES 2021, Mobile Legends dan Lokapala," kata Gloria Famiela, Ketua Pelaksana Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, dalam jumpa pers virtual, Jumat (20/8/2021).

Gloria menyampaikan, bahwa saat ini sudah dibuka pendaftaran untuk tiga game yaitu Free Fire, eFootball PES 2021, Mobile Legends sejak 18 Agustus. Sedangkan Lokapala, masih dalam tahap pembahasan teknis dengan pihak developer.

"Nantinya pertandingan ini dibagi menjadi tiga fase. Pertama, dimulai dengan babak kualifikasi, di mana mencakup 34 Provinsi, 514 kota/kabupaten," kata Gloria.

Kualifikasi sendiri, akan dilakukan melalui tiga cabang game terlebih dahulu, yakni Free Fire, eFootball PES 2021 dan Mobile Legends. Hingga mendapatkan satu tim terbaik dari setiap provinsi.

"Untuk babak kualifikasi di mulai dari 26 Agustus - 5 September 2021," kata Gloria.

Lalu ada pra PON di fase kedua, bertujuan untuk mempertemukan atlet dari 34 provinsi, di mana dilakukan secara online.

"Untuk mendapatkan 11 provinsi terbaik game free fire, 5 provinsi terbaik game Mobile Legends dan eFootball pes. Ini berlangsung dari tanggal 7 - 14 September," kata Gloria.

Kemudian seluruh tim yang lolos, diterbangkan ke Papua dan bergabung dengan tim tuan rumah. Para atlet nantinya bertanding di event utama, bertajuk Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, mulai dari tanggal 22 - 26 September.

Untuk pendaftarannya sudah dibuka dan bisa dilakukan melalui situs resmi Garudaku.



Simak Video "Menkominfo Pastikan Layanan Telekomunikasi di PON XX Papua Lancar"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)