Ini Dia Cara Upgrade Penyimpanan di PS5

Ini Dia Cara Upgrade Penyimpanan di PS5

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 30 Jul 2021 21:42 WIB
Podcast Tolak Miskin: PS5 Rilis Pas Corona, Beli Sekarang atau Ntar Aja?
Foto: Tim Infografis/Fuad Hasim
Jakarta -

Sony akhirnya mengaktifkan slot M.2 yang ada di PlayStation 5 (PS5) untuk menambah kapasitas penyimpanan data di konsol terbarunya itu.

Untuk saat ini fiturnya tersedia secara beta lewat pembaruan software PS5 yang baru dirilis. Ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menggunakan slot M.2 untuk menambah kapasitas penyimpanan data ini.

Syarat yang pertama, jenis SSD yang dipakai setidaknya adalah PCIe Gen4. Sony merekomendasikan SSD dengan kecepatan 5,5GB/s, namun yang kecepatan di bawah itu mungkin tetap bisa dipakai asalkan berjenis PCIe Gen4.

Lalu kapasitas minimalnya adalah 250GB, sistem PS5 akan menolak SSD jika kapasitasnya di bawah itu. Jika SSD yang dipakai kecepatannya di bawah 5,5GB/s, sistem hanya akan memberi peringatan, namun SSD-nya tetap bisa dipakai.

Cara Upgrade Storage PS5

  • Slot M.2 ini bisa diakses dengan membuka side panel PS5, dan posisi slotnya ada di sebelah kipas, tepatnya di sisi yang menyimpan disk drive Bluray. Jangan lupa untuk mencabut kabel power terlebih dahulu sebelum melakukan ini.
  • Untuk membuka penutup slot M.2 dibutuhkan obeng, dan setelah dibuka ada sebuah baut di dalamnya untuk mengunci SSD ke dalam slot M.2.
  • Oh ya, Sony juga menyarankan penggunaan SSD yang mempunyai heatsink untuk pendingin. Tenang, jika SSD anda tak mempunyai heatsink, anda bisa membeli heatsink secara terpisah dan harganya pun relatif terjangkau.
  • Setelah selesai, nyalakan PS5. Jika SSD yang dipakai tak kompatibel, akan muncul peringatan kalau PS5 membutuhkan SSD PCIe Gen4 dengan kapasitas minimal 250GB dan maksimal 4TB.
  • Kemudian anda akan diminta untuk mem-format SSD. Pastikan anda tak menyimpan data penting di SSD karena akan hilang saat diformat.

Proses format berjalan cepat, dalam hitungan detik, dan jika sudah selesai PS5 akan melakukan pengujian kecepatan dan memberikan peringatan yang meminta pengguna untuk memindahkan game ke storage internal jika ada masalah.

Dukungan SSD M.2 ini masih dalam tahap beta, dan pabrikan SSD belum banyak yang menyatakan kompatibilitas SSD buatannya untuk PS5. Sejauh ini baru Seagate yang mengkonfirmasi kompatibilitas FireCuda 530 dengan PS5.



Simak Video "Perilisan PS5 di India Terhalang Masalah Merek Dagang"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)