Ini Dia Game Termahal di Dunia, Harganya Tembus Rp 9,5 Miliar!

Ini Dia Game Termahal di Dunia, Harganya Tembus Rp 9,5 Miliar!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 04 Apr 2021 17:15 WIB
Super Mario Bros
Foto: Dok. Heritage Auctions
Jakarta -

Sebuah game Super Mario Bros untuk konsol NES resmi tercatat menjadi game termahal di dunia setelah laku seharga USD 660 ribu dalam sebuah lelang di Heritage Auctions.

Game untuk konsol jadul tersebut dijual dalam keadaan tersegel, dan laku empat kali lipat lebih mahal dibanding game termahal di dunia yang sebelumnya. Yaitu saat sebuah kopian tersegel Super Mario Bros. 3 terjual dengan harga USD 156 ribu.

Seri game Super Mario Bros seringkali terjual dengan harga yang sangat mahal. Contohnya pada Juli 2020, sebuah kopi -- tidak tersegel -- Super Mario Bros terjual dengan harga USD 114 ribu, dan sebelumnya pada Februari 2019 ada juga kopi game tersebut terjual dengan harga USD 100 ribu.

Memang, apa yang spesial sih dari game yang terjual dengan harga hampir Rp 9,5 miliar tersebut? Berikut ini deskripsi Super Mario Bros menurut Heritage Auctions.

"Tak cuma kopi ini dalam kondisi tersegel plastik, lengkap dengan gantungan kardus, ini juga merupakan kopi Super Mario Bros tersegel tertua yang pernah kami tawarkan. Ini adalah satu-satunya versi ke-4 Super Mario Bros yang pernah diproduksi, dan waktu produksinya sendiri sangat singkat," tulis mereka.

Pada 2020 lalu, sebuah game langka Super Mario Bros. 3 resmi menjadi game termahal di dunia setelah terjual USD 156 ribu atau sekitar Rp 2,2 miliar dalam lelang yang diadakan oleh Heritage Auctions.

Game dari tahun 1990 ini terjual dalam kondisi masih tersegel. Lelang ini dimulai dengan harga USD 62.500 dan 20 penawar terlibat dalam pelelangan.

Berdasarkan deskripsi Heritage Auctions, harga game Super Mario Bros 3 yang fantastis ditentukan beberapa faktor. Pertama adalah desain kotaknya yang langka, di mana kata 'Bros.' berada di sisi kiri dan sedikit menutupi tangan Mario. Sampul game versi selanjutnya memindahkan kata tersebut ke sebelah kanan.



Simak Video "Among Us Mulai Menyelinap di Nintendo Switch"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)