Keren! PS5 Dimodif Pakai Watercooling dan RGB

Keren! PS5 Dimodif Pakai Watercooling dan RGB

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 13 Mar 2021 08:13 WIB
Ilustrasi Playstation 5
Foto: (Unsplash/RRQ)
Jakarta -

Modder asal Vietnam bernama Modding Cafe berkreasi dengan memodifikasi PlayStation 5 (PS5) menggunakan watercooling dan lampu RGB. Keren!

Proyek ini dimulai dengan membongkar dan mempreteli PS5. Bisa dibilang, semua komponen yang tak disolder ke motherboard dilepas dan tak dipakai lagi.

Kemudian mereka pun membuat casing custom ala mini ITX dan tentunya water block custom untuk PS5 tersebut. "Ini membutuhkan waktu yang sangat lama," ujarnya mengomentari proses CAD untuk mendesain tersebut.

Sony sendiri menggunakan pasta liquid metal untuk memaksimalkan proses pemindahan panas dari chip ke heatsink. Namun Modding Cafe memilih pasta thermal konvensional untuk proses tersebut.

Lalu untuk radiator, mereka menggunakan radiator berukuran 240mm yang dipasangkan dengan dua kipas Noctua Chromax berukuran 120x15mm. Lebih kecil dibanding kipas 120x45mm dan heatsink raksasa yang sebelumnya dipakai.

Mereka pun membuat faceplate dengan logo PlayStation lengkap dengan tambahan LED RGB agar tampilannya semakin keren. Sistem pendingin baru itu pun diuji dengan menempatkan sejumlah thermal probe di beberapa titik.

Mereka memang tak mencantumkan perbandingan suhunya dengan PS5 versi standar. Namun yang jelas suara kipasnya bakal lebih sunyi, karena Noctua memang dikenal sebagai produsen kipas yang berkualitas dan tidak berisik.

Modding Cafe juga berencana untuk mengkomersialkan produk ini, yaitu memproduksi massal sistem pendingin ini. Selain itu, mereka juga berencana untuk mengintegrasikan PS5 dengan pendingin air ini ke PC rakitan mereka yang akan datang.

"Kami akan melanjutkan untuk versi komersial (dari sistem ini) dan juga akan mengintegrasikan watercooled PS5 ini ke PC rakitan kami yang selanjutnya," tulis mereka dalam deskripsi video.

[Gambas:Youtube]




(asj/fay)