Niantic Hukum Permanen Pemain yang Cheating

Niantic Hukum Permanen Pemain yang Cheating

Josina - detikInet
Kamis, 25 Feb 2021 18:08 WIB
Maroon 5 Pokemon Go
Foto: screenshot YouTube
Jakarta -

Pada tahun 2019, pengembang game mobile Niantic menggugat kelompok hacker yang membuat aplikasi game buatannya seperti Pokemon Go, Ingress, dan Harry Potter Wizards Unite tidak resmi. Aplikasi tersebut disebut membantu pemain untuk curang dan memberikan mereka keuntungan berlebih dalam game.

Lalu pada tahun 2020, Niantic pun telah memenangkan gugatan tersebut dan mendapatkan nilai uang sebanyak USD 5 juta. Tak hanya menuntut pembuat aplikasi curang, namun Niantic juga telah memberikan hukuman lebih dari 5 juta pemain di di tiga pertandingan sejak 2020.

Dilansir detiKINET dari Polygon, Kamis (25/2/2021) lebih dari 20% dari hukuman tersebut adalah larangan secara permanen. Untuk melakukan cheating di Pokemon Go, Ingress, dan Harry Potter Wizards Unite, sebagian besar pemain menggunakan program yang telah diretas, di mana memungkinkan pemain mengakses versi game yang dimodifikasi yang memungkinkan fungsi spoofing GPS dan berjalan otomatis.

Akibatnya, pemain bisa memainkan Pokemon Go, Ingress, dan Harry Potter Wizards Unite tanpa keluar rumah atau benar-benar pindah ke lokasi tertentu. Niantic membuat beberapa perubahan pada bulan Maret, untuk membuat permainan lebih mudah dimainkan dari rumah selama pandemi yang sedang berlangsung. Namun, beberapa dari perubahan itu telah dikembalikan.

Meskipun kecurangan di Pokemon Go dan game Niantic lainnya sebagian besar hanya berdampak pada pengguna peretasan, beberapa pihak berpendapat bahwa hal itu memengaruhi beberapa elemen pemain-lawan-pemain, seperti gym. Niantic mengatakan bahwa lebih dari 90% pemain telah berhenti melakukan kecurangan setelah menerima peringatan dari perusahaan.

"Kami berkomitmen untuk memastikan gameplay yang adil di seluruh portofolio game kami," kata Niantic dalam sebuah posting blog.

"Setiap hari, bentuk alat curang atau spoofing yang lebih baru tersedia di internet, dan kami terus bekerja untuk memerangi para penipu ini dan fokus pada peningkatan deteksi dan penegakan hukum kami; karena mereka tidak memiliki tempat dalam permainan kami," lanjutnya.



Simak Video "Guys! Pokemon Go Bisa Dimainkan Dari Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)