Steam Masuk China, Cuma Punya 53 Game

Steam Masuk China, Cuma Punya 53 Game

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 11 Feb 2021 14:48 WIB
Steam China
Foto: Istimewa/Techspot
Jakarta -

Setelah bertahun-tahun tak bisa masuk China, akhirnya Steam kini bisa hadir di Negeri Tirai Bambu tersebut. Namun tentu ada penyesuaian dibanding versi negara lain.

Valve menggarap versi Steam khusus untuk China, yaitu yang memenuhi aturan ketat dari pemerintahan China. Contohnya game yang mau dipasarkan harus mendapat persetujuan dari pemerintah.

Sebenarnya, Steam versi internasional pun bisa diakses di China tanpa VPN. Namun banyak fitur komunitasnya yang tak bisa diakses, dan tentu tak memenuhi semua aturan yang diterapkan oleh pemerintah China.

Sementara Steam China adalah platform yang legal, dan semua game yang ada di dalamnya sudah mendapat izin. Hanya saja, game yang tersedia saat ini cuma 53. Sebagai perbandingan, Steam versi internasional saat ini punya lebih dari 21 ribu game di dalamnya.

Beberapa game 'beruntung' itu adalah Counter Strike: Global Offensive dan Dota2. Untungnya, game dari Steam versi internasional bisa ditransfer ke Steam China, termasuk isi dompet digital serta game yang sebelumnya sudah dibeli (tentu saja jika game tersebut mendapat sudah mendapat izin).

Sebaliknya, game yang dibeli di Steam China pun bakal bisa dimainkan di Steam versi internasional, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (11/2/2021).

China memang sudah mulai membuka diri sejak 2015 lalu untuk game, yaitu saat mereka menghentikan pemblokiran terhadap penjualan konsol game di negara tersebut yang sudah berjalan selama 14 tahun. Alhasil Sony, Microsoft, dan Nintendo pun sudah bisa memasarkan konsolnya di China.

Pemblokiran itu sendiri awalnya diterapkan pada tahun 2000. Menteri Kebudayaan China saat itu menyebut pemblokirannya dilakukan untuk melindungi generasi muda. Namun kini tampaknya game sudah tak dianggap sebagai ancaman bagi generasi muda di China.



Simak Video "Alibaba Dijatuhi Denda Rp 40,49 Triliun Oleh Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)