Kontroler Xbox Masih Pakai Baterai AA, Inikah Penyebabnya?

Kontroler Xbox Masih Pakai Baterai AA, Inikah Penyebabnya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 11 Jan 2021 12:30 WIB
Xbox Series X
Xbox Series X. Foto: Microsoft
Jakarta -

Microsoft punya pendekatan unik soal Xbox, yaitu mereka masih menggunakan baterai AA untuk kontrolernya. Bahkan untuk Xbox Series X yang terbaru.

Padahal, Sony sudah menggunakan baterai tanam yang bisa diisi ulang untuk DualShock, begitu juga untuk DualSense yang dipakai di PlayStation 5 (PS5). Apa sih yang menyebabkan Microsoft setia dengan baterai AA ini?

Alasan pemilihan baterai AA ini mungkin terungkap dari pernyataan marketing director Duracell Inggris Luke Anderson. Ia menyebut Microsoft selalu punya perjanjian dengan Duracell.

"Ini adalah perjanjian yang konstan antara Duracell dan Microsoft, di mana (Duracell) akan terus menyuplai produk baterai untuk konsol Xbox dan juga baterai kontrolernya," ungkapnya dalam sebuah wawancara.

Perjanjian antara Duracell dan Microsoft ini menurut Anderson sudah berlangsung cukup lama, dan tampaknya belum akan berakhir, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Minggu (10/1/2021).

Dan memang, sampai saat ini dalam paket penjualan Xbox kabarnya memang selalu dilengkapi dengan baterai AA buatan Duracell, dan Duracell juga seringkali mengiklankan baterainya dengan menyertakan kontroler Xbox.

Namun pernyataan Anderson ini kemudian dibantah oleh juru bicara Microsoft, yang menyebut mereka memang sengaja memilh baterai AA untuk kontroler Xbox agar pengguna mudah mengganti baterainya, bukan karena mereka terlibat dalam perjanjian tertentu.

"Kami sengaja memberikan pilihan untuk konsumen dalam memilih solusi baterai untuk Xbox Wireless Controller. Ini termasuk menggunakan baterai AA berbagai merk, Xbox Rechargeable Battery, solusi charging dari rekanan, ataupun kabel USB-C, yang bisa memberi tenaga pada kontroler saat dicolokkan ke konsol atau PC," ujar juru bicara Microsoft.

Namun juru bicara Microsoft tersebut tak menepis ataupun mengkonfirmasi apakah Microsoft punya perjanjian dengan Duracell.



Simak Video "Microsoft Trending Gegara Riset Netizen Indonesia Tidak Sopan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)