5 Tips Mengurangi Lag Saat Main Game di Smartphone

5 Tips Mengurangi Lag Saat Main Game di Smartphone

Abu Ubaidillah - detikInet
Selasa, 22 Des 2020 18:30 WIB
Ilustrasi Gamers
Foto: shutterstock
Jakarta -

Main game tidak lagi menjadi aktivitas seru kalau game yang dimainkan lag alias patah-patah. Game yang lancar dimainkan dipengaruhi oleh kapasitas RAM dan prosesor sebuah smartphone.

Namun tak selamanya sebuah game menjadi lancar dimainkan berkat RAM dan prosesor yang besar. Ada kalanya beberapa hal dapat membuat game yang tadinya lag dimainkan menjadi lebih lancar. Apa saja? Simak ulasan berikut seperti dilansir dari Joy of Android, Selasa (22/12/2020).

1. Kurangi Resolusi Grafis

Resolusi grafis yang tinggi membuat game menjadi lebih berat untuk dimainkan. Meski bermain game dengan grafis yang jernih, namun bila hal tersebut hanya membuat game menjadi lag, lebih baik kurangi saja resolusinya.

2. Pakai Aplikasi Antilag

Di Google Play Store tersedia banyak pilihan aplikasi antilag untuk game. Aplikasi ini berfungsi untuk mematikan proses yang tidak perlu ketika bermain game, memori pun akan makin bersih dan lebih banyak sumber daya tersedia untuk game.

3. Update Game

Pembaruan game terjadi begitu cepat, kadang dalam sebulan sebuah game bisa berkali-kali perlu diupdate. Ini dilakukan pengembang untuk menjaga game tetap optimal dan bebas dari bug yang dapat menyebabkan game menjadi lambat saat dimainkan.

4. Matikan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya membatasi kinerja CPU pada smartphone dan umumnya mengurangi daya pemrosesan untuk menyediakan baterai yang tahan lama. Namun hal ini juga bisa menjadi kendala ketika bermain game karena daya pemrosesan yang digunakan menjadi lebih terbatas.

5. Pastikan Internet Stabil

Ketika bermain game online, menghindari lag saat bermain game adalah dengan memastikan koneksi internet tetap stabil. Caranya ialah mencari spot-spot terbaik bisa mendatangkan sinyal terbaik.

Namun bila kamu menggunakan jaringan internet 4.5G baru yang telah terfiberisasi dari AXIS, kamu tak perlu lagi ke sana ke mari untuk mencari spot bermain game dengan sinyal lancar. Sebab di mana saja dan kapan saja, AXIS akan memastikan sinyal internetmu tetap stabil.

Dengan menggunakan jaringan 4.5G AXIS yang baru ini, kamu bisa bermain game online tanpa lag. Apalagi saat ini jaringan AXIS bisa dinikmati di mana saja dan kapan saja karena telah tersebar di 485 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Informasi selengkapnya mengenai jaringan 4.5G AXIS bisa dilihat di sini.



Simak Video "Diduga Kecanduan Game Online, Bocah di Subang Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)