Ragam Genre Video Game dan Subgenre di Dalamnya

Ragam Genre Video Game dan Subgenre di Dalamnya

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 21:38 WIB
Game The Legend of Zelda Breath of The Wild
Foto: (The Legend of Zelda via Nintendo/RRQ)
Jakarta -

Video games memang telah berkembang selama beberapa dekade. Dimulai dari arcade game, video games berkembang hingga merambah ke game mobile yang digandrungi sekarang ini.

Video games tertua disebut-sebut adalah Tennis for Two yang memungkinkan dua pemain bermain di layar yang menampilkan garis biru tipis sebagai net. Genre sports pun menjadi genre video games tertua di dunia.

Nah, mau tahu lebih lanjut tentang genre video games dan cabang-cabangnya? Simak ragam genre video game dan subgenre di bawahnya, seperti dilansir dari ID Tech.

Action

Genre action atau aksi membawa pemainnya memiliki kontrol penuh atas karakter yang dimainkan dan terlibat dalam aksi di dalamnya. Di awal generasi arcade game, Donkey Kong menjadi salah satu judul yang cukup populer. Gameplay yang sederhana dan mudah dipahami membuat game aksi ini masih menjadi salah satu genre video game paling populer hingga saat ini.

Di bawah genre ini, ada subgenre platformer, shooter, fighting, dan survival. Bahkan, Hideo Kojima menciptakan subgenre sendiri melalui game Metal Gear, yaitu stealth dengan gameplay mengendap-endap untuk membunuh musuh. Game rhythm seperti AyoDance dan Guitar Hero juga termasuk dalam subgenre dari action games.

Action-adventure

Selain game aksi, ada juga genre action-adventure yang mengusung gameplay petualangan, eksplorasi universe, memecahkan puzzle, menemukan harta karun, yang dipadu dengan basic combat untuk melawan karakter musuh yang ditemukan di tengah perjalanan. The Legend of Zelda adalah salah satu game yang cukup populer dari genre ini. Di bawah genre ini, ada subgenre survival horror yang terkenal dengan salah satu judulnya, yaitu Resident Evil.

Adventure

Sementara itu, ada juga genre adventure yang mengusung petualangan murni. Players di adventure games diharuskan berinteraksi dengan lingkungan dalam game dan memecahkan teka-teki yang berkaitan dengan story dalam game-nya. Berbeda dengan action-adventure, genre adventure tak memasukkan unsur aksi di dalamnya.

Karena kurangnya unsur game tradisional seperti action, genre ini punya basis penggemar yang tak sebanyak genre action-adventure. Subgenre dari genre adventure adalah graphic adventures dan visual novel. Meski tak begitu populer, ada sekitar 70% visual novel games yang rilis di Jepang untuk PC games.

Halaman selanjutnya: Genre RPG sampai sports...



Simak Video "Keiji Fujiwara, Pengisi Suara Ayah Shinchan Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]