Ragam Genre Video Game dan Subgenre di Dalamnya - Halaman 2

Ragam Genre Video Game dan Subgenre di Dalamnya

Irna Gayatri - Content Writer RRQ - detikInet
Selasa, 08 Des 2020 21:38 WIB
Game The Legend of Zelda Breath of The Wild
Foto: (The Legend of Zelda via Nintendo/RRQ)

Role-playing Game (RPG)

Game Final FantasyGame Final Fantasy Foto: (Final Fantasy)

Genre RPG dikenal dengan dungeon dan unsur fiksi ilmiah atau fantasi dalam ceritanya. Dari Final Fantasy hingga Fallout, genre RPG punya basis penggemar yang tak sedikit. Subgenre dalam RPG juga melibatkan genre tradisional seperti action RPG dan tactical RPG. Genre MMORPG juga berada di dalamnya dengan melibatkan lebih banyak player yang bisa bermain bersamaan secara online.

Simulation

Kalau kalian penggemar Harvest Moon atau Stardew Valley, kedua judul tersebut termasuk dalam genre simulation. Seperti namanya, game simulation memberikan simulasi yang berdasarkan situasi sebenarnya, disebut juga dengan fictional reality. Game seperti SimCity menjadi salah satu subgenre dari game simulation, yaitu construction and management simulation. Selanjutnya, ada subgenre life simulation dan vehicle simulation yang memberikan simulasi pengalaman mengendarai kendaraan tertentu, mulai dari mobil balap hingga traktor.

Strategy

Game League of LegendsGame League of Legends Foto: (League of Legends)

Game strategy adalah salah satu genre games yang memiliki banyak subgenre, di antaranya yang populer adalah subgenre multiplayer online battle arena (MOBA) yang terkenal dengan judul seperti Mobile Legends Bang Bang dan League of Legends. Ada juga 4X yang mengharuskan pemainnya untuk explore, expand, exploit, dan exterminate, seperti seri Civilization. Selain itu, wargame dan artillery juga termasuk dalam subgenre dari game strategy.

Sports

Genre sports adalah genre tertua dalam video games yang punya basis penggemar dari berbagai usia. Subgenre dari genre game ini adalah racing games, team sports, competitive, dan sports-based fighting. FIFA dan NBA Jam termasuk dalam subgenre team sports karena memungkinkan kalian tak hanya bertanding seperti di pertandingan sebenarnya, tetapi juga memanajemen tim. Kalian bisa melakukan transfer pemain, memilih sendiri pemain yang sesuai dengan strategi kalian, hingga melatih mereka.

Selain itu, dalam esports, subgenre competitive bisa ditemukan di game Overwatch dan Team Fortress. Subgenre ini menghadirkan olahraga fiktif yang kompetitif. Sementara itu, game tinju atau gulat termasuk dalam subgenre sports-based fighting karena menghadirkan petarung yang memang ada di dunia nyata dan pengalaman bertarung yang lebih realistis.

Puzzle Game

Game TetrisGame Tetris Foto: (Tetris)

Puzzle games membawa pemainnya memecahkan teka-teki untuk maju ke level selanjutnya. Puzzle games yang tertua salah satunya adalah Tetris yang hingga saat ini banyak menjadi dasar bagi puzzle game terbaru yang populer, seperti Candy Crush Saga. Di dalamnya ada subgenre logic game dan trivia game.

Gameplay trivia game mengharuskan kamu menjawab pertanyaan sebelum waktu habis atau sebelum player lain menjawa dan mencetak skor berdasarkan waktu menjawab serta benar atau tidaknya jawaban yang diberikan. Trivia game memiliki cukup banyak penggemar, khususnya di kalangan casual gamers yang menikmati game ini smartphone.

Idle Game

Terakhir, ada idle game yang tak mewajibkan pemainnya berinteraksi terlalu banyak dalam game. Biasanya, pemain di idle game hanya perlu mengeklik dan menyelesaikan objective setiap hari untuk mendapatkan hadiah. Casual game menjadi salah satu subgenre di bawahnya. Di sisi lain, ada party game, board game atau card game, art game, educational game, hingga exergame seperti Wii Fit yang bisa dimainkan di Nintendo Wi.

*Artikel ini merupakan kerja sama antara detikINET dengan Team RRQ.



Simak Video "Keiji Fujiwara, Pengisi Suara Ayah Shinchan Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)