Game Langka Super Mario Bros. 3 Terjual Rp 2,2 Miliar

Game Langka Super Mario Bros. 3 Terjual Rp 2,2 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 25 Nov 2020 05:40 WIB
Super Mario Bros. 3 game termahal di dunia
Game Langka Super Mario Bros. 3 Terjual Rp 2,2 Miliar Foto: Heritage Auctions
Jakarta -

Game langka Super Mario Bros. 3 resmi menjadi game termahal di dunia setelah terjual USD 156 ribu atau sekitar Rp 2,2 miliar dalam lelang yang diadakan oleh Heritage Auctions.

Game dari tahun 1990 ini terjual dalam kondisi masih tersegel. Lelang ini dimulai dengan harga USD 62.500 dan 20 penawar terlibat dalam pelelangan.

Berdasarkan deskripsi Heritage Auctions, harga game Super Mario Bros 3 yang fantastis ditentukan beberapa faktor. Pertama adalah desain kotaknya yang langka, di mana kata 'Bros.' berada di sisi kiri dan sedikit menutupi tangan Mario. Sampul game versi selanjutnya memindahkan kata tersebut ke sebelah kanan.

Tapi, desain langka ini hanya menjelaskan sebagian alasan dari harga gila-gilaan ini, karena salah satu varian Super Mario Bros. 3 dengan desain ini sebelumnya juga dilelang dengan harga USD 38.400 pada bulan Juli lalu.

Faktor utama yang membuat game ini bisa terjual hingga miliaran rupiah adalah kondisinya saat dijual yang mendekati sempurna. Game ini mendapatkan rating Wata 9.2 A+ untuk kondisinya, yang menilai kualitas kotak kemasan dan segel aslinya, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (25/11/2020).

Sedangkan versi yang terjual pada bulan Juli lalu memiliki rating yang lebih rendah yaitu Wata 9.0 A.

Game untuk konsol NES ini berhasil mengalahkan game Super Mario Bros. lainnya untuk menjadi game termahal di dunia. Pemegang rekor sebelumnya adalah game Super Mario Bros. original yang terjual USD 114 ribu atau Rp 1,6 miliar pada bulan Juli lalu.

Selain Super mario Bros. 3, kopi game Pokemon Red yang masih tersegel menjadi game Pokemon termahal setelah terjual dengan harga USD 84 ribu dalam lelang yang sama. Heritage Auctions tidak menjelaskan keistimewaan versi ini, tapi game ini terjual dalam kondisi yang sangat bagus dengan rating Wata 9.8 A++.



Simak Video "Game Indonesia 'Tirta' Bakal Tersedia di PS5"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)