Harga PS5, Spesifikasi dan Kapan Dijual - Halaman 2

Harga PS5, Spesifikasi dan Kapan Dijual

Tim - detikInet
Rabu, 28 Okt 2020 07:13 WIB
PS5
PS5. Foto: istimewa

Spesifikasi PS5?

Motherboardnya terdiri dari RAM 16 GB GDDR6 yang disusun dalam delapan model yang mengelilingi SoC-nya, yang terdiri dari CPU AMD Ryzen Zen 2 dan GPU AMD RDNA 2.

Kipas pendingin yang digunakan PS5 termasuk besar, dengan diameter 120mm dan tebal 45mm, dengan saluran udara dari dua sisi. Sony juga menggunakan heatsink untuk membantu proses pendinginan, dengan saluran udara yang kinerjanya diklaim sama seperti vapor chamber.

Namun yang paling dibanggakan Sony sepertinya adalah SSD custom 825GB yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya. Alhasil, loading saat ngegame di PS5 ngebut secara signifikan ketimbang di PS4.

Apa Kelebihan Kontroler PS5?

DualSense mempunyai desain yang sangat berbeda dibanding kontroler PlayStation sebelumnya, begitu juga dengan teknologi yang dipakainya. Perbedaan paling mencolok adalah tak lagi dipakainya teknologi getar yang lama yang diganti dengan haptic feedback.

Lalu Sony pun menggunakan 'adaptive trigger' baru yang bisa diatur tingkat kekerasannya sesuai efek gameplay dari game yang dimainkan. Begitu juga dengan jenis port yang dipakai, Sony tak lagi menggunakan microUSB dan memakai USB-C untuk DualSense.

Dari segi warna, Sony menggunakan skema warna dual-tone -- sama seperti PSVR -- dengan warna yang didominasi warna putih. Lalu bentuk kontrolernya pun lebih banyak yang membulat.

Tombol 'share' kini digantikan dengan tombol 'create' yang memberikan cara baru untuk para gamer yang ingin memamerkan video gameplay mereka ke orang lain. Namun untuk informasi yang lebih detail dijanjikan baru akan ada menjelang peluncuran resminya.

Beberapa tombol di DualSense pun mendapat perubahan efek cahaya dibanding DualShock 4. Contohnya adalah tombol PlayStation, yang kini bentuknya dibuat sama dengan logo PlayStation

Apakah Akan Ada Model Lain PS5?

Kemungkinan besar di masa depan, akan ada model lain PS5 seperti halnya di masa silam. Mungkin bentuk atau speknya sedikit diubah. PS4 pun terdiri dari berbagai versi. Terlebih ada beberapa orang yang menilai PS5 terlalu gambot sehingga bukan tak mungkin nanti bakal ada versi yang lebih ramping.

(fyk/afr)