Facebook Akan Luncurkan Aplikasi Gaming Pesaing Twitch

Facebook Akan Luncurkan Aplikasi Gaming Pesaing Twitch

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 20 Apr 2020 19:47 WIB
aplikasi Facebook Gaming
Facebook Akan Luncurkan Aplikasi Gaming Pesaing Twitch (Foto: Facebook)
Jakarta -

Facebook sepertinya sadar saat ini banyak penggunanya yang menghabiskan waktu di rumah dengan main game atau nonton live stream game. Kini mereka meluncurkan aplikasi khusus untuk gaming sebagai pesaing Twitch dan YouTube.

Dikutip detikINET dari The Verge, Senin (20/4/2020) aplikasi gaming Facebook akan fokus pada membuat dan menonton konten live stream. Tapi aplikasi ini juga akan memuat game kasual seperti Words with Friends dan akses pada komunitas gaming.

Facebook sebenarnya berencana untuk meluncurkan aplikasi ini pada Juni mendatang. Tapi peluncurannya dipercepat untuk memanfaatkan permintaan yang melonjak karena banyak orang yang harus tinggal di rumah karena pandemi virus Corona.

"Investasi di gaming secara umum telah menjadi prioritas bagi kami karena kami melihat gaming sebagai bentuk hiburan yang bisa menghubungkan orang-orang," kata Head of the Facebook App Fidji Simo kepada New York Times.

"Ini merupakan hiburan yang tidak hanya berupa konsumsi pasif tapi hiburan yang interaktif dan menghubungkan orang-orang," sambungnya.

Walau Facebook memiliki basis pengguna terbesar di dunia (2,5 miliar pengguna), sepak terjang mereka di dunia gaming memang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Twitch dan YouTube. Bahkan konten yang ditawarkan Facebook Gaming kurang dari 5% dari 121,4 juta jam konten yang disiarkan Twitch hanya pada tahun ini.

Dengan aplikasi ini, Facebook akan memudahkan pengguna untuk memulai streaming dengan fitur 'Go Live'. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah live stream dari mobile game lain yang ada di perangkat yang sama dengan hanya memencet beberapa tombol.

Stream ini juga bisa disiarkan langsung ke halaman Facebook milik pengguna untuk menarik lebih banyak penonton. Facebook mengatakan aplikasi ini tidak akan menampilkan iklan dan pendapatan akan bergantung pada tip yang diberikan penonton pada streamer.

Aplikasi Facebook Gaming dijadwalkan meluncur pada 20 April 2020 dan hanya tersedia di platform Android untuk saat ini. Versi iOS-nya akan meluncur setelah mendapat persetujuan dari Apple.



Simak Video "Pandemi Corona, Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)