Google Luncurkan Stadia Versi Gratis

Google Luncurkan Stadia Versi Gratis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 09 Apr 2020 17:55 WIB
Google Stadia
Google Luncurkan Stadia Versi Gratis (Foto: 9to5mac)
Jakarta -

Layanan streaming game dari Google, Stadia, akhirnya meluncurkan versi gratis untuk siapapun yang memiliki akun Gmail. Tidak hanya itu, mereka juga menggratiskan Stadia Pro selama dua bulan, termasuk akses untuk sembilan game.

Sebelumnya Stadia hanya bisa diakses jika pengguna membeli Google Stadia Premiere Edition seharga USD 129. Bundle ini berisi Chromecast Ultra, Stadia Controller dan tiga bulan gratis Stadia Pro.

Kini untuk memiliki akun Stadia cukup mendaftar menggunakan akun Gmail di situs resminya. Dikutip detikINET dari Polygon, Kamis (9/4/2020) untuk versi gratis ini pengguna hanya bisa memainkan game dengan resolusi maksimal 1080p, 60fps dengan audio stereo.

Stadia versi gratis ini sebenarnya telah lama dijanjikan. Tapi karena situasi pandemi virus Corona, Google akhirnya memutuskan untuk menggulirkannya untuk menghibur mereka yang terkurung di dalam rumah.

Pengguna masih harus membeli game jika ingin memainkannya. Tapi game yang dibeli bisa dimainkan di PC, tablet Chrome OS, Google Pixel dan ponsel Android lainnya yang mendukung Stadia.

Sedangkan untuk free trial Stadia Pro selama dua bulan, pengguna akan mendapatkan akses untuk game-game seperti Destiny 2: The Collection, GRID, Gylt, Spitlings, Thumper, dan lain-lain.

Setelah masa trial ini selesai, pengguna bisa memilih untuk membatalkan langganan atau melanjutkannya dengan membayar USD 9,99 per bulan. Untuk pengguna yang saat ini sudah berlangganan Stadia Pro, Google juga akan menggratiskannya dengan tidak memungut biaya berlangganan selama dua bulan.

Google juga mengubah resolusi streaming Stadia agar servernya tidak kewalahan saat kedatangan banyak pengguna baru dan mencegah internet jebol. Hal ini dilakukan mengikuti kebijakan beberapa layanan streaming seperti YouTube, Netflix dan Disney.

"Dengan permintaan yang melonjak karena semakin banyak orang yang tinggal di rumah saat ini, kami mengambil pendekatan yang bertanggung jawab terhadap trafik internet," kata Vice President and General Manager Stadia Phil Harrison.

"Untuk mengurangi beban pada internet, kami mengerjakan fitur sementara yang mengubah resolusi layar default dari 4K menjadi 1080p," jelasnya.

Google Stadia saat ini baru tersedia di 14 negara di kawasan Amerika Utara dan Eropa. Saat ini tersedia 38 game yang bisa dimainkan oleh pengguna Stadia dan Google berjanji akan mendatangkan 120 game lagi di tahun 2020.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)