Nintendo PlayStation Langka Terjual Rp 5,2 Miliar

Nintendo PlayStation Langka Terjual Rp 5,2 Miliar

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 09 Mar 2020 10:00 WIB
Nintendo PlayStation
Nintendo PlayStation. Foto: CNN
Jakarta -

Prototipe Nintendo PlayStation yang sangat langka akhirnya terjual lewat lelang. Konsol tersebut dilelang dengan harga USD 360 ribu atau Rp 5,2 miliar.

Dikutip detikINET dari CNN, Senin (9/3/2020) orang yang berhasil membawa pulang konsol langka ini adalah Greg McLemore, pendiri Pets.com dan Toys.com. Ia berhasil mengalahkan banyak kolektor lainnya termasuk CEO Oculus Palmer Luckey.

"Ini merupakan benda termahal yang pernah saya beli selain rumah," kaya McLemore kepada CNN.

"Buat saya ini sepadan, apalagi jika digabungkan dengan koleksi saya, yang keseluruhan menceritakan kisah yang ingin saya simpan untuk orang banyak," sambungnya.

McLemore memang merupakan kolektor banyak hal seputar gaming dan konsol. Ia memiliki lebih dari 800 mesin arcade, konsol, majalah hingga karya seni yang ingin dibuatnya menjadi museum.

Nintendo PlayStation yang dibeli McLemore merupakan satu dari 200 prototipe yang diciptakan saat Nintendo dan Sony bekerjasama pada 1991. Valerie McLeckie dari Heritage Auctions, yang menawarkan konsol tersebut, mengatakan 199 prototipe lainnya dihancurkan saat kerjasama itu gagal.

Prototipe yang berhasil diselamatkan pertama kali ditemukan oleh Terry Diebold saat membeli barang-barang dari sebuah lelang. Ternyata barang-barang tersebut, termasuk Nintendo PlayStation dulunya dimiliki oleh mantan CEO Sony Computer Entertainment Olaf Olasfsson.

McLemore mengatakan konsol ini nantinya akan diperlihatkan di sejumlah pameran dalam waktu dekat. Setelah itu, ia berencana membuka museum permanen setelah melihat bagaimana pameran tersebut diterima.

Nintendo PlayStation Langka Terjual Rp 5,2 Miliar


Simak Video "Penampakan dan Jeroan PlayStation 5 yang Menggoda Iman"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)