Pecah Rekor! 18,8 Juta Orang Online Bareng di Steam

Pecah Rekor! 18,8 Juta Orang Online Bareng di Steam

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 04 Feb 2020 14:56 WIB
Diskon Game Steam
Ilustrasi Steam. Foto: Screenshot Steam
Jakarta -

Steam bisa dibilang adalah platform game PC yang paling populer saat ini, dan baru-baru ini mereka memecahkan rekor jumlah pengguna yang online bersamaan di platform tersebut.

Menurut Steam Database, Senin (3/2/2020) lalu ada 18,8 juta pengguna yang online secara bersamaan di Steam. Rekor sebelumnya adalah 18,5 juta orang yang online bersamaan pada dua tahun lalu.

Hal ini tentu adalah pencapaian tersendiri bagi Steam, dengan hampir 19 juta pengguna yang online secara bersamaan. Namun perlu diingat, belasan juta pengguna itu tak semuanya sedang bermain game di platform tersebut.

Dari 18,8 juta pengguna itu, hanya ada sekitar 5,8 juta pengguna yang tengah bermain game, atau lebih sedikit 1 juta pengguna dibanding saat rekor sebelumnya dipecahkan, demikian dikutip detikINET dari Slashgear, Selasa (4/2/2020).

Mungkin penyebabnya adalah secara default saat Steam baru diinstal ke PC, pengaturannya membuat aplikasi tersebut langsung aktif ketika pengguna menyalakan PC-nya. Namun tetap saja ini menunjukkan kalau jumlah pengguna Steam saat ini masih terus berkembang, meski sudah menjadi pemain terbesar di distribusi game digital sejak lama.

Padahal belakangan ini Steam mendapat perlawanan dari pemain baru seperti Epic Games, yang menolak mendistribusikan Fortnite lewat platform tersebut dan memilih untuk membuat platform distribusi pesaing.



Simak Video "Game Indonesia 'Tirta' Bakal Tersedia di PS5"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)