Kamis, 12 Des 2019 19:50 WIB

Asyik! Telkomsel Mau Buat eSport Game Lokal

Akfa Nasrulhak - detikInet
Foto: Akfa Nasrulhak Foto: Akfa Nasrulhak
Jakarta - Game dikatakan menjadi industri entertainment yang paling menjanjikan setelah musik dan film. Terbukti, masyarakat di berbagai penjuru dunia saat ini dekat dengan game, utamanya game mobile.

Di tengah pesatnya perkembangan industri game, Indonesia tampaknya masih belum bisa bersaing. Sebab, Indonesia dikatakan masih menjadi pasar saja, bukan sebagai pemain utama dalam industri itu sendiri.

General Manager Games and App Telkomsel, Auliya Ilman Fadli mengatakan, pihaknya akan membawa pengembang game lokal untuk dibuat kompetisi tingkat nasional. Hal ini dilakukan sebagai bagian komitmen Telkomsel di industri game, terutama pada kekuatan dari konten lokal.


"Jadi sebenarnya ini masih proses ya. Kita mau mengadakan kerja sama dengan salah satu developer game lokal yang mereka akan rilis game tahun depan. Nah, tipe game nya itu memang cocok untuk dikompetisikan, lebih ke arah MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)," ujar Auliya di sela-sela peluncuran Dunia Games League, Kamis (12/12/2019).

Hal ini mengingat pertumbuhan industri game, terutama di Indonesia yang pada tahun lalu mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dari kacamata Telkomsel, pertumbuhan dari industri games mencapai angka 80 persen.

"Kalau kami lihat dari sisi Telkomsel ya, pertumbuhan industri games sangat pesat dibanding tahun 2018. Kalau kami lihat growth nya secara revenue year on year kami lihat di angka sekitar 80 persen dari 2018 ke 2019," ucapnya.

"Kalau kita lihat dari games Telkomsel. Dari games yang kami rilis sendiri, misalnya ShellFire, itu kami menemukan banyak user. Itu dalam sebulan bisa 500 ribu user aktif," tambahnya.


Adapun saat ini, Telkomsel akan menggelar eSport dengan satu title game, yakni PUBG yang akan digelar pada Januari-Februari 2020 mendatang.

"Tahun depan kita rencana ada 6 judul game baru. Tahun lalu kan kita 1 title, tahun ini 1, dan nanti ada 6 dengan genre macam-macam. Kita akan lihat tren yang ada di pasar seperti apa dan kita sesuaikan dengan gamenya," tambahnya.

Asyik! Telkomsel Mau Buat eSport Game Lokal


Simak Video "Ini Penjelasan soal Gangguan Jaringan Internet Telkomsel"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)