Kamis, 06 Des 2018 17:17 WIB

Ancaman Serius Mobile Gaming buat Game Konsol

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Thomas Peter/Reuters Foto: Thomas Peter/Reuters
Jakarta - Saat ini mobile gaming telah menjelma jadi ancaman serius buat game konsol. Pendapatan mobile gaming bahkan diprediksi segera melampaui game konsol.

Menurut Nicolas Beraudo selaku managing director & SVP of partnerships App Annie's EMEA, yang mengulas data soal dunia gaming mobile, sejumlah hal sudah dan akan mendorong pertumbuhan signifikan mobile gaming.

Beraudo membeberkan di MCVUK.com yang dikutip detikINET, Kamis (6/12/2018), hal itu di antaranya didorong oleh keberadaan game populer seperti Fortnite yang mendukung model permainan cross-platform.


Selain itu, imbuhnya, evolusi smartphone dengan daya baterai lebih baik dan teknologi 5G di masa depan bakal membuat penjualan game di sektor mobile akan bertambah 35 persen sekaligus memacu pertambahan pengeluaran konsumennya sebesar 60%. Dalam kurun waktu enam tahun ke depan, Beraudo memprediksi pendapatan sektor mobile gaming sudah akan melampaui game di konsol.

"Game pada 2019 akan lebih terhubung satu lama lain dan tak lagi terisolir. Tapi mobile (gaming) bukan cuma mendapat porsi 'kue' lebih banyak melainkan juga membuat 'kue' itu jadi lebih besar," kata Beraudo.


"Peluang monetisasi cenderung bertambah sebagai imbas dari meningkatnya kesempatan bermain cross-platform, selain juga akibat dari pertumbuhan adopsi pembayaran mobile."

"Pertumbuhan tercepat dari monetisasi mobile gaming bersumber dari sistem berlangganan," ucapnya. (jsn/jsn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed