Senin, 11 Jun 2018 14:45 WIB

Game Ini Mengajarkan Bahayanya Polusi di Lautan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Dok. Xiaomi Gaming Foto: Dok. Xiaomi Gaming
Jakarta - Games sebagai media memang tidak hanya bisa menghibur, namun juga harus bisa mendidik. Untuk itu, pengembang dibalik game 'Dumb Ways to Die' baru saja meluncurkan game baru berjudul 'Dumb Ways to Kill the Ocean'.

Seperti dilaporkan oleh National Geographic, game baru ini menyoroti tiga masalah terbesar yang dihadapi lautan saat ini, yaitu sampah plastik, peningkatan suhu lautan, dan degradasi terumbu karang.

Permainan ini sebenarnya sangat sederhana dan terdiri dari tiga mini-games. Seperti misalnya, pemain memulai game ini dengan babak yang 'menyerang' plastik. Pemain memiliki waktu 20 detik untuk memungut sampah-sampah plastik dengan mengklik sampah yang ada di layar.


Karena tujuan utama dari game ini adalah untuk edukasi, maka di setiap mini-games pemain diminta komitmennya untuk mengubah sikapnya dalam menjaga lingkungan.

Pemain diberikan beberapa pilihan untuk menjalani hidup yang lebih ramah lingkungan seperti mengurangi penggunaan air atau menggunakan botol minuman yang dapat digunakan kembali.

Pengembang game ini, Playmob, menyelaraskan misi mereka dengan program Sustainable Development Goals milik PBB. Isu yang dibahas dalam program ini beragam, seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, perubahan iklim, dan kelaparan.

Diluncurkannya game ini juga bertepatan dengan tema Hari Bumi tahun ini yang menyoroti penggunaan plastik yang semakin integral dalam kehidupan sehari-hari. (jsn/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed