Kamis, 05 Apr 2018 11:24 WIB

Kekacauan Festival Pokemon Go Berujung Denda Rp 21,7 Miliar

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Pokemon Go (Toru Hanai/Reuters) Foto: Pokemon Go (Toru Hanai/Reuters)
Chicago - Masih ingat dengan kekacauan yang terjadi di Pokemon Go Fest 2017 yang diadakan di Chicago, Amerika Serikat? Buntut dari kekacauan tersebut, Niantic harus membayar uang kompensasi sebesar USD 1,58 juta (Rp 21,7 miliar).

Setelah melewati serangkaian persidangan, Niantic akhirnya sepakat untuk membayar uang kompensasi. Pembayaran ditujukan bagi pengunjung Pokemon Go Fest yang merasa dirugikan karena telah datang ke acara tersebut.

Sedikit kilas balik, Pokemon Go Fest dihadiri sekitar lebih dari 18.000 pengunjung. Berbondong-bondong gamer Pokemon Go datang ke acara tersebut karena mereka penasaran untuk menangkap Pokemon langka dan legendaris yang dijanjikan Niantic ada di acara tersebut.

Sayangnya, game ini mengalami masalah teknis di server sehingga banyak yang akhirnya malah tidak bisa memainkan. Tak hanya itu, kendala terjadi juga karena jaringan internet kacau saat acara berlangsung.


Meski sudah mengembalikan uang tiket masuk yang dibanderol USD 20 (Rp 266 ribu), sebagian besar gamer merasa tidak puas. Mereka menuntut Niantic untuk mengembalikan uang perjalanan yang sudah dikeluarkan dalam menuju Chicago.

Seorang pengacara bernama Thomas Zimmerman, yang dibayar oleh gamer Pokemon Go, Jonathan Norton dan Kenneth J. Fleischer memcoba untuk memberikan pendapat. Menurutnya hal ini tidak juga bisa diartikan sebagai sebuah gerakan memaksa.

"Jika Anda kecewa dengan hasil acara tersebut, itu bukan tentang apa yang Anda beli. Anda membeli tiket sebuah event dan Anda ingin merasakan event itu," ujarnya seperti dikutip detikINET dari Polygon, Kamis (5/4/2018).


Sebagai bentuk kompensasi, 18.000 pengunjung akan mendapat penawaran untuk berkesempatan mengakses situs, menyerahkan tanda terima, dan mendapat pengembalian untuk ongkos perjalanan. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed