Rabu, 18 Okt 2017 12:26 WIB

Dari Unik Sampai Sadis, Ini Hukuman untuk Game Bajakan

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Di industri game, pembajakan seolah tak ada matinya dan menjadi musuh abadi para developer dan publisher game.

Meski demikian, mereka tak pernah menyerah memerangi pembajakan. Berbagai macam cara dilakukan untuk mengurangi pembajakan dan memberikan efek jera bagi mereka yang mengkonsumsi game bajakan.

Nah, berikut ini adalah deretan hukuman yang diberikan oleh masing-masing developer game untuk game-nya yang dibajak.


Quantum Break

Foto: istimewa

Game eksklusif Xbox One ini menjadi salah satu game yang populer di tahun 2016. Selain rilis di konsol besutan Microsoft itu, Quantum Break juga hadir untuk PC.

Karenanya, untuk menghindari adanya pembajakan, developer memberikan hukuman berupa penutup mata pada karakter utama. Tentu saja, ini bisa diketahui ketika PC gamer tersambung dengan koneksi internet. Jika gamer memainkannya secara offline, maka tidak akan terjadi peristiwa 'bajak laut' ini.


The Sims 4

Foto: istimewa

Siapa tak kenal seri game The Sims. Game simulator dari Electronic Arts (EA) ini sudah malang melintang selama bertahun-tahun.

Tak cuma beredar dalam salinan original, game ini juga marak dijual sebagai game bajakan. Namun, jika gamer ketahuan menggunakan game bajakan, bersiaplah menerima hukumannya.

Hukuman yang diberikan berupa tampilan game yang menjadi serba pixel. Banyak yang komplain dengan masalah ini di forum. Namun, semakin mereka komplain, maka akan ketahuan bahwa mereka telah menggunakan game bajakan.


Serious Sam 3: BFE

Foto: istimewa

Serious Sam 3: BFE adalah game first-person action shooter yang hadir di platform Steam. Hukuman yang diberikan developer Croteam untuk pembajak terbilang cukup sadis.

Pasalnya, bagi mereka yang main game bajakan, bakal menghadapi makhluk raksasa menyerupai kalajengking yang siap mengintai gamer kapanpun. Selain cepat, monster tersebut tak bisa dikalahkan.

Anda mungkin bisa lari dan menghindari serangannya sesuka hati. Namun, ia akan tetap akan mengejar dan menyerang Anda sampai mati. Bagi yang penasaran seperti apa monster ini, bisa melihat langsung di channel YouTube berikut.


Batman: Arkham Asylum

Foto: istimewa

Siapa yang tidak ingin memainkan game Batman. Namun, bagi mereka yang ingin memainkannya sebaiknya cobalah untuk membeli yang original. Karena developer Rocksteady tak pandang bulu memberikan hukuman bagi yang memainkan game bajakan.

Rocksteady menonaktifkan kemampuan cape-glide untuk game versi bajakan. Langkah ini pernah dikomplain oleh salah seorang gamer di forum Arkham Asylum. "Batman mencoba untuk membuka sayapnya terus menerus alih alih meluncur. Jadi, ia terjatuh ke dalam gas beracun. Jika ada seseorang yang bisa memberi tahu aku, apa yang harus aku lakukan di sana," keluhnya.

Keluhan itu didengar oleh developer dan mendapat balasan. "Itu bukan bug dalam kode game. Itu adalah bug di dalam moral Anda," balas tim developer.


Grand Theft Auto IV

Foto: istimewa

Hukuman yang diberikan oleh Rockstar Games untuk Grand Theft Auto IV ini terbilang luar biasa bikin pusing. Awalnya, game akan berjalan normal. Namun, selepas prolog, kamera dalam game akan mulai terombang-ambing.

Sampai kapan? Kabar buruknya ini akan terus berlangsung selamanya. Tak cuma itu, developer juga memberikan hukuman lain untuk gamer yang bermain game bajakan. Semua mobil yang Niko (karakter utama) tumpangi akan otomatis berjalan dan secara tiba-tiba akan mengeluarkan asap.

Bagi Anda yang penasaran seperti apa pusingnya hukuman yang diberikan, bisa mengecek video berikut. Walau demikian, dikatakan ada beberapa modder yang berhasil membuat mod untuk mengatasi hukuman ini. (mag/mag)