Formasi Pilihan untuk Main FIFA 19 - Halaman 2

Formasi Pilihan untuk Main FIFA 19

Kris Fathoni W - detikInet
Kamis, 27 Sep 2018 18:01 WIB
Formasi Pilihan untuk Main FIFA 19
Cuplikan game FIFA 19 (Foto: YouTube/EA Sports)

1. 5-2-1-2

Sekilas, keberadaan lima bek membuat ini seperti formasi parkir bus. Justru sebaliknya karena dua di antara lima di belakang adalah bek sayap.

Dalam penggunaan formasi tersebut, kedua bek sayap mesti punya kemampuan merata dalam bertahan dan menyerang, juga kecepatan untuk maju dan mundur. Secara khusus, keduanya juga akan memberikan tekanan besar dari sektor sayap.

Formasi ini juga sudah ngetop di antara pemain-pemain yang keranjingan FIFA 18 lalu, salah satunya lewat pembahasan di reddit, karena dianggap menjanjikan keseimbangan cukup bagus dalam tim.

2. 3-5-2

Formasi 3-5-2 pun banyak digunakan oleh para gamer di FIFA 18. Dalam formasi ini, tiga bek bakal dilapis oleh dua gelandang bertahan (CDM) yang harus memiliki atribut oke.

Agar skema ini berjalan dalam aspek penyerangan, seorang gelandang serang pada posisi CAM juga mesti punya atribut jempolan dalam menyokong dua penyerang di depan.

Sedangkan pemain yang berada di kedua sisi lapangan disarankan juga memiliki atribut defensif yang cukup tinggi. Hati-hati pula terhadap serangan balik.

3. 4-1-2-1-2 Narrow

Pada dasarnya formasi ini memberikan keseimbangan cukup baik, mengingat di lini tengah ada masing-masing satu gelandang bertahan dan gelandang serang.

Satu hal yang penting dari formasi narrow ini adalah penempatan fullback karena skema tersebut tidak memiliki pemain di posisi sayap. Full back harus punya work rate dan stamina bagus.

4. Formasi 4-2-4

RedBull.com menyebut 4-2-4 sebagai formasi baru di FIFA 19 Ultimate Team dan kini sudah menjadi salah satu pilihan yang paling populer.

Dalam formasi ofensif ini, dua pemain sayap akan menyokong dua penyerang tengah. Skill tinggi harus dimiliki kedua pemain sayap tersebut. Gamer juga harus piawai melakukan operan cepat dan giringan bola oke demi memaksimalkan formasi.

Nah, satu hal yang tak kalah penting dari formasi ini adalah pentingnya menempatkan dua gelandang tengah yang sama-sama mumpuni karena lini krusial praktis cuma ditempati mereka berdua.



(krs/mon) (krs/mon)