Meraih Semua Achievement di Life is Strange Episode 3

Tips Game

Meraih Semua <i>Achievement</i> di Life is Strange Episode 3

- detikInet
Senin, 01 Jun 2015 11:10 WIB
life is strange episode 3 (alif/detikINET)
Jakarta -

Di samping menyajikan gameplay dan jalan cerita menarik, beberapa game umumnya juga hadir dengan sejumlah side quest. Side quest atau dalam harfiahnya berarti tugas sampingan ini biasanya diciptakan oleh developer untuk memperkuat gameplay. Game yang akan kami bahas side quest-nya kali ini adalah Life is Strange.

Memasuki episodenya yang ketiga, game garapan Dontnod Entertainment dan Square Enix ini makin memiliki alur cerita yang bikin penasaran (simak review detikINET di link berikut). Selain menawarkan jalan cerita yang greget, game episodik choice-based ini nyatanya juga memiliki side quest cukup unik dan menarik, yakni memotret objek.

Ya, karena sang tokoh utama dalam game, Max Caulfield ini dikisahkan sebagai seorang remaja yang tertarik dengan dunia fotografi, maka sepanjang perjalanannya tentu tak akan lepas dari urusan menjepret foto. Berbekal kamera polaroid, Anda ditugaskan untuk memotret berbagai macam objek yang sudah ditentukan.

Kendati, Dontnod memberikan petunjuk berupa gambar sketsa, namun pada praktiknya Anda harus mencari sendiri lokasi di mana objek tersebut berada. Namun, sesuai janji, detikINET akan memberikan tips dan trik agar Anda bisa mendapatkan semua hasil gambar, dimana nantinya Anda bisa meraih achievement dalam game (Platinum).

Catatan: artikel ini mengandung spoiler. detikINET akan menjabarkan foto dalam urutan adegan per adegan.


Action figure milik Victoria


life is strange (alif/detikINET)

Objek foto ini muncul di awal-awal chapter, tepatnya berada di dalam kamar Victoria. Namun, untuk bisa masuk ke dalam kamar Victoria Anda harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu. Setelah Max terbangun dari tidurnya, Anda akan mendapati Max berada di dalam kamarnya.

Setelah mengeksplorasi isi kamar Max, segera keluar dan berjalanlah ke arah kamar mandi. Di sana Anda akan bertemu dengan sahabat Victoria, Taylor. Jika Anda beramah tamah dengan Taylor di episode dua, maka Taylor akan bersikap ramah dan Anda tak akan kesulitan dengan adegan ini.

Sebisa mungkin lakukan percakapan yang membuat nyaman Taylor (comfort Taylor), maka ia akan keceplosan dan memberitahu jika Victoria tidak ada dalam kamarnya. Inilah kesempatan Anda untuk masuk ke dalam kamar Victoria, dimana kamar itu memang baru bisa dibuka. Masuk dan Anda akan menemukan action figure yang menyala.

 

Tupai dan kunang-kunang


life is strange (alif/detikINET)

Objek foto ini terbilang sedikit tricky. Anda dituntut cermat untuk bisa mengambil gambar yang satu ini. Lokasi pengambilan gambar berada di area kedua, tepatnya terletak di halaman dorm.

Tak lama setelah Max keluar dari dalam dorm, berjalanlah ke arah pepohonan di sebelah kanan. Dari kejauhan Anda akan melihat seekor tupai tengah bercengkrama dengan para kunang-kunang. Sayang, ketika Anda mendekat si tupai sudah keburu kabur ke dalam hutan.

Tapi tenang, gunakan kekuatan ajaib Max dan putar ulang kembali waktu sampai si tupai benar-benar berada dalam posisi semula sebelum Anda datang. Saat itulah Anda bisa memotret tupai yang tengah bercanda dengan serangga malam itu.

 

Ikan dan aquarium

life is strange (alif/detikINET)

Jika Anda ngeh dan tipikal gamer yang gemar mengeksplorasi seluruh isi ruangan di episode kedua, pasti Anda akan cepat tanggap dengan objek foto yang satu ini. Ya, objek ini dapat dengan mudah Anda temukan di dalam ruangan kelas biologi. Kala itu Anda mampir ke ruangan ini untuk membantu Warren bukan?

Nah, bedanya kali ini Anda datang ke dalam ruangan kelas dengan kondisi yang gelap gulita. Masuk ke dalam kelas dan berjalanlah ke arah akuarium. Tekan tombol segitiga untuk mengamati, maka kemudian Max akan berpikir untuk memotret akuarium ini, tapi dengan kondisi lampu akuarium menyala.

 

Tengkorak yang merokok


life is strange (alif/detikINET)

Entah siapa yang iseng menaruh rokok di dalam mulut model tengkorak, yang jelas memang objek tersebut unik untuk difoto. Jangan terkecoh dengan gambar petunjuk yang berada di dalam game. Pada awalnya detikINET sampai kelimpungan untuk mencari tanda yang mirip dengan petunjuk.

Namun, setelah diteliti, ternyata petunjuk tersebut merujuk pada model tengkorak yang teronggok di sudut ruangan di dalam kelas biologi. Ya, masih di ruangan yang sama dengan objek akuarium, Anda sedikit bergeser dan langsung akan menemukan objek yang dimaksud.

 

Patung elang perunggu



life is strange (alif/detikINET)

Sekilas detikINET pikir ini adalah objek berupa burung hidup. Namun, setelah diamati, ternyata burung yang dimaksud adalah patung elang perunggu. Letaknya berada di dalam ruangan Kepala Sekolah Blackwell Academy.

Tak lama setelah Anda meledakkan pintu ruangan Kepala Sekolah, alarm secara otomatis akan berbunyi. Segera masuk ke dalam ruangan dan putar ulang waktu sampai kondisi pintu normal seperti sebelum diledakkan. Bukakan pintu untuk Chloe dan mulai lah menjelajah seluruh isi ruangan.

Patung ini dapat dengan mudah ditemukan, karena letaknya yang jelas terpampang di meja sang Kepsek. Chloe pun sempat membahasnya. Namun, untuk bisa memotretnya, Anda harus berada dalam sudut yang benar. Kalau bingung, coba samakan posisi Max dengan gambar di atas. Dan cheese...Chloe akan berpose sembari duduk di kursi Kepala Sekolah.

 

Let's take a selfie


life is strange (alif/detikINET)

Max adalah tipikal cewe yang gemar selfie, bahkan ketika dalam kondisi bangun tidur sekalipun. Foto kali ini objeknya tak lain adalah diri Max sendiri. Lokasinya berada di dalam kamar mandi rumah Chloe.

Ya, setelah berhasil kabur dari penjaga sekolah di chapter sebelumnya, Max memutuskan untuk menginap di rumah Chloe. Setelah bangun, mengeksplorasi kamar Chloe, dan berpakaian, segera tinggalkan ruangan dan menuju kamar mandi yang terletak persis di depan kamar Chloe. Lihat ke dalam kaca dan otomatis akan ada perintah tombol foto (kotak).

 

Burung yang malang

life is strange (alif/detikINET)

Sehabis berfoto selfie di dalam kamar mandi, maka Anda akan menuju ke bawah untuk sarapan. Di bawah Anda akan bertemu dengan Joyce, ibunda Chloe. Setelah berbincang-bincang dan mengambil beberapa bahan untuk sarapan, Anda akan disuruh menunggu hingga hidangan tersaji.

Jelajah seluruh isi ruangan maka Anda akan mendengar suara burung yang berasal dari atas lemari di dekat ruangan televisi. Joyce akan meminta Anda untuk mengusir burung malang itu ke luar rumah. Ketika Anda mengusir, sebelumnya jangan lupa untuk membuka jendela yang terletak di samping kulkas.

Burung itu akan keluar dan ikuti ke mana arah burung itu bertengger. Ketika Anda menuju ke arah sang burung, Anda akan mendapati banyak sekali bangkai burung di halaman belakang rumah Chloe. Entah apa penyebabnya, namun bisa diduga Mungkin itu lah alasan si burung nekat masuk. Temui burung tersebut dan jepret kamera Max.

 

Truk gandeng

life is strange (alif/detikINET)

Two Whales Dinner adalah tempat di mana sebagian besar warga Arcadia Bay berkumpul. Berbagai macam profesi pun tumplek blek di kedai yang dikelola oleh Joyce, termasuk supir truk. Objek ini terparkir dengan jelas di seberang kedai, hanya saja butuh sedikit trik untuk bisa memotret objek ini.

Kehadiran Max dan Chloe di sekitar Two Whales Dinner ini memang tak lain adalah untuk mencari tahu apa yang ada di dalam kendaraan RV milik Frank (bandit teman Chloe). Namun, sebelum langsung menuju sasaran, berjalanlah ke depan kedai dan temui supir truk yang memakai topi.

Buat lah percakapan dengan pria tersebut maka Anda akan mempelajari tipe dari truk yang ia miliki. Putar kembali waktu dan lakukan percakapan sekali lagi. Setelah sukses, maka Anda akan diperbolehkan untuk memotret truk berwarna merah itu.

 

Hukum alam, semut dan bangkai burung


life is strange (alif/detikINET)

Tak jauh dari lokasi Anda memotret truk, Anda akan mendapati adanya bangkai burung yang tengah digerogoti oleh ratusan semut. Letaknya di samping kedai. Anda akan menemukan objek ini jika Anda ingin bertemu dengan gelandangan wanita yang tinggal di belakang kedai. Bidik dan potret objek menggelikan itu.

 

Ayah dan anak


life is strange (alif/detikINET)

Objek yang cukup mengharukan, dimana Anda akan melihat Chloe tengah memasak bersama mendiang ayahnya, William. Adegan ini bisa didapat setelah Max mengalami Butterfly Effect dan kembali ke masa 5 tahun yang lalu.

Karena Max besar berada di dalam tubuh Max kecil, maka sejatinya ia tak memiliki kamera untuk memotret objek. Pun begitu, Anda masih bisa memotret dengan menggunakan kamera polaroid milik William yang terletak persis di samping Chloe. Pergilah dan tekan tombol foto.

Entah ada pengaruh apa foto ini, yang jelas setelah Anda memotret akan muncul logo kupu-kupu di pojok kiri atas layar. Logo tersebut biasanya muncul jika ada adegan yang memiliki pengaruh terhadap kejadian di masa mendatang. Apakah foto ini akan menjadi andalan Max untuk melakukan Butterfly Effect di masa depan? Entahlah.



(yud/yud)