Lebih Dekat dengan Kamera DSLR Canon 1dx Mark III

Review

Lebih Dekat dengan Kamera DSLR Canon 1dx Mark III

Enche Tjin, - detikInet
Selasa, 14 Apr 2020 10:21 WIB
review dslr canon 1dx mark iii
Lebih Dekat dengan Kamera DSLR Canon 1dx Mark III. (Foto: Dok. Enche Tjin)
Jakarta -

Canon 1D adalah seri kamera DSLR Canon untuk profesional dengan sejarah yang panjang. Pertama kali diluncurkan di tahun 2001, Canon EOS 1D memiliki sensor APS-H (crop factor 1.3x) dengan resolusi 4 MP dan kemampuan memotret 8 foto per detik. Saat itu adalah kamera digital yang top di masanya. Di tahun 2011, Canon meluncurkan 1DX, kamera DSLR full frame dengan resolusi 18MP dan kecepatan memotret 12-14 fps.

Pada akhir 2019, Canon merilis Canon 1DX mark III. Jika kita lihat sekilas dari body kameranya banyak kemiripan dengan Canon 1D. Memang, body-nya sengaja dibuat mirip supaya yang fotografer yang meng-upgrade kameranya akan merasa 'feel at home' atau familiar dengan handling-nya.

Canon EOS 1DCanon EOS 1D. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Canon 1DXCanon 1DX. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Canon 1DX mark IIICanon 1DX mark III Foto: Dok. Enche Tjin

Peningkatan Kinerja

1DX mark III ini punya banyak kelebihan dibanding pendahulunya. Hampir di segala aspek ditingkatkan. Yang paling membantu fotografer profesional, terutama di bidang sports/wildlife photography adalah peningkatan processor yang saat ini menggunakan DIGIC X, dan penggunaan kartu dual CFexpress.

Dengan processor baru DIGIC X yang lebih efisien tapi lebih cepat dari kombinasi Dual DIGIC 6+ ini membuat kinerja kamera bertambah, dan sekaligus lebih efisien dalam penggunaan daya. Baterai 1DX mark III sama dengan 1D mark II, yaitu LP-E19, tapi karena processornya lebih efisien, kini bisa memotret 2800 frame dibandingkan 1210 frame di 1DX mark II. Jika menggunakan live view, 1DX mark III ini bisa motret 610 foto, sedangkan yang Mark II hanya 260 foto, sebelum harus di charge kembali.

1DX III hanya bisa menerima kartu CFexpress type B. Salah satu kunci peningkatan 1DX1DX III hanya bisa menerima kartu CFexpress type B. Salah satu kunci peningkatan 1DX. (Foto: Dok. Enche Tjin)

Penggunaan dual kartu CFexpress ini juga menarik, karena memungkinkan 'nafas' yang lebih panjang dalam pemotretan kontinyu. CFexpress kartu yang sangat cepat baca tulisnya dibandingkan dengan kartu lainnya.

Berikut perbedaan kecepatan berbagai jenis kartu:

CF Express kecepatan maksimum: 1.97 GB/sec.
CFast 2.0 kecepatan maksimum: 600 MB/sec.
CF - UDMA 7 kecepatan maksimum: 167 MB/sec
SD Card UHS-I : 104 Mb/s, UHS-II : 312 Mb/s

Sebagai informasi, 1DX mark III mengunakan kartu CF dan CFast. Kartu CFexpress type B fisiknya sama dengan XQD, tapi sampai saat ini 1DX mark III belum bisa menerima kartu XQD.

Dengan dukungan CFexpress, fotografer bisa memotret kontinyu lebih dari 1.000 foto meskipun dengan format RAW. Sedangkan di 1DX mark II, terbatas di 170 foto RAW, dan hanya 81 foto RAW+JPG. Dengan kata lain saat memotret berturut-turut dengan format RAW, 1DX mark II hanya bertahan 12 detik, sedangkan 1DX mark III bisa bertahan lebih dari satu menit.