Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di Kelasnya - Halaman 2

Review Produk

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di Kelasnya

Enche Tjin - detikInet
Senin, 10 Des 2018 19:27 WIB
Halaman ke 2 dari 3
Foto: Dok: Enche Tjin

Kualitas gambar

Kamera bersensor medium format memberikan kualitas gambar yang berbeda dengan kamera bersensor lebih kecil seperti kamera bersensor APS-C atau full frame. Detail yang ditangkap lebih banyak dan tajam, dengan transisi bagian fokus dan tidak fokus yang mulus dengan falloff yang cepat. Meskipun memotret dengan lensa bukaan f/2.8, hasil yang didapatkan sangat tajam dan bagian yang tidak fokus blur, seperti mengunakan lensa f/1.4 di seri Fuji X. Bedanya, resolusi dan ketajaman gambar hasil GFX50R jauh lebih tinggi.

Sensor medium format berbeda dengan APS-C, dimana aspect ratio kamera ini 4:3, tidak sama dengan seri Fuji X yang 3:2. Gambar sedikit lebih bujur sangkar, tapi memiliki fleksibilitas lebih, karena jika ingin mengunakan aspek rasio 1:1, bagian yang terpotong tidak terlalu besar. 1:1 menyisakan 38 MP, tergolong masih cukup tinggi untuk standar profesional saat ini.

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaISO 8000, f/3.2, 1/60, 63mm (Foto: Dok: Enche Tjin)
Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaISO 8000, f/2.8, f/160, 63mm (Foto: Dok: Enche Tjin)

Di kondisi cahaya gelap, setting ISO tinggi seperti 1600, 3200 gambar masih terlihat masih bersih dari noise. Diatas itu, kualitas gambar sudah menurun karena hilangnya detail dan berkurangnya ketajaman foto.

Dari seri Fuji X, kamera Fuji selalu terkenal dengan Film simulation-nya, yang memproses gambar supaya warna dan tonalnya menyerupai kamera film. Dalam praktiknya, mengunakan mengubah film simulation cukup menyenangkan. Kuncinya adalah menemukan film simulation yang pas dengan subjek yang difoto.

Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaISO 800, f/4.0, 1/250, 63mm, Classic Chrome (Foto: Dok: Enche Tjin)
Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaCrop detail foto di atas (Foto: Dok: Enche Tjin)
Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaISO 800, f/4.0, 1/250, 63mm, Classic Chrome (Foto: Dok: Enche Tjin)
Review Fujifilm GFX 50R, Kamera Ringkas dan Ringan di KelasnyaCrop detail foto di atas (Foto: Dok: Enche Tjin)


Kinerja

Kinerja kamera GFX 50R ini cukup cepat dan responsif. Saat dinyalakan kamera hanya membutuhkan waktu 1 detik sudah siap untuk memotret. Di kondisi cahaya yang cukup, kecepatan autofokus cukup baik, biasanya diantara 0.2-0.5 detik. Hanya di kondisi cahaya gelap atau kondisi kontras rendah, misalnya backlight, autofokus kamera akan menjadi sangat pelan dan sulit fokus. Kecepatan foto berturut-turut sekitar 3 foto per detik, jadi kamera ini tidak cocok untuk subjek yang bergerak cepat seperti fotografi acara atau olahraga.



(krs/asj) (krs/asj)