Canon XC10: Kamera Foto, Video, atau Keduanya?

Review Produk

Canon XC10: Kamera Foto, Video, atau Keduanya?

Penulis: Enche Tjin - detikInet
Jumat, 10 Apr 2015 08:51 WIB
Canon XC10
Jakarta -

Canon XC10 adalah kamera yang desainnya unik, merupakan perpaduan kamera video dan kamera foto. Dari sisi fotografer amatir/profesional, spesifikasi untuk foto memang tidak begitu menarik dibandingkan dengan kamera khusus foto.

Resolusinya 12 MP, dan sensornya hanya berukuran 1 inci (lebih kecil dari kamera DSLR pada umumnya). Tapi bagi fotografer profesional di bidang web, koran, dan majalah, 12 MP terasa berlebihan. Biasanya 6 MP sudah cukup.

Yang canggih dari kamera ini adalah mampu merekam video beresolusi sangat tinggi yaitu 4K, 305 MBps, XF-AVC-Intra langsung direkam ke memory card. Dari video tersebut, kita bisa mendapatkan screengrab foto berkualitas tinggi sebesar 8 MP.

Karena resolusi foto tidak terlalu tinggi, rentang ISO juga cukup lebar, yaitu dari ISO 160 sampai 20000. Bagus untuk merekam foto video baik di kondisi terang atau gelap. Tersedia built-in ND filter juga untuk mengatasi kondisi pencahayaan di luar ruangan yang terlalu terang.

Meskipun kamera ini terlihat besar, tapi wujud sebenarnya kamera ini hanya seperti kamera DSLR. Berat total dengan lensanya hanya sekitar 1 kg. Tersedia pegangan yang unik dan bisa diputar untuk merekam video atau foto di sudut yang sulit.

Lensa yang dipasang tidak bisa diganti-ganti, tapi lensa ini sebenarnya sudah cukup bagus, yaitu bisa zoom 10X yakni 24-240mm untuk foto dan 27-273mm untuk video. Untuk video sedikit lebih tele, karena saat merekam video terjadi sedikit cropping. Bukaan lensa juga relatif besar yaitu f/2.8-5.6.



Fitur lain yang berguna yaitu wifi, dua slot memory card (CF dan SD), dan baterai yang cukup besar, sama dengan yang dipasang di kamera DSLR canggih seperti Canon 5D mk 3.

Baterai yang besar membuat perekaman video menjadi lebih nyaman tanpa harus repot membawa banyak baterai cadangan dan sering menukar baterai saat merekam.

Ada juga fitur 5 axis stabilization saat merekam video, memastikan saat merekam video, tidak bergetar. Tetapi sayangnya, fungsi ini hanya bisa aktif saat kualitas video yang dipilih HD, bukan 4K. Dan ada juga exhaust fan yang membantu supaya kameranya tidak terlalu panas saat merekam video dalam jangka waktu panjang.

Jadi, kamera unik ini memang dirancang khusus bagi wartawan multimedia baik cetak maupun web, yang saat ini makin dituntut untuk bisa membuat foto dan video yang berkualitas. Cocok juga untuk traveler atau blogger yang tidak ingin repot membawa beberapa kamera dan lensa.

Harga Canon XC10 sekitar USD 2500 (atau sekitar Rp 20 jutaan). Memang tidak murah dibandingkan dengan pesaingnya seperti Sony RX10 dan Panasonic FZ1000, tapi memang spesifikasi kamera dari Canon XC10 melebihi keduanya.

Secara umum, yang kurang dari kamera ini adalah ukuran sensor dan lensa yang bukaannya tidak begitu besar, sehingga untuk membuat efek artistik seperti latar belakang blur akan lebih sulit daripada kamera DSLR pada umumnya.

Canon XC10 memang bukan produk yang diciptakan untuk menyenangkan semua pencinta foto dan video, tapi untuk segmen tertentu terutama para jurnalis, kamera ini mungkin merupakan alat multifungsi yang ideal.


Spesifikasi Canon XC10:
4K video, 305Mbps, Intra frame
Sensor 1 inci
ISO 160-20000
Built-in ND filter
Lensa 24-120mm f/2.8-5.6
Memory card CF dan SD (dual slot)
Battery LP-E6N

Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut.

Yuk, belajar fotografi, editing dan ikut tur fotografi dengan infofotografi.com.


(rou/rou)